Skip to main content

follow us

Yah lebaran sudah berakhir. Belum puas rasanya belajar cara masak ketupat untuk bisa dihidangkan sebagai menu makanan di waktu lebaran.
Semoga saja di tahun depan masih bisa bertemu dengan lebaran lagi. Selain memang tujuannya merayakan hari kemenangan dan kembali ke fitri serta saling maaf memaafkan.
Tapi ada satu hal juga yang masih jadi rasa penasaran. Saya masih penasaran sih belajar cara memasak ketupat sama ibu di rumah.
cara masak ketupat mini
Hasil dari Cara Masak Ketupat Pat-Pat K-Tupat K-Link
Iya jadi, ada hal yang menarik lebaran kali ini memang. Karena sibuk ngurusin rencana tunangan, agar gak terus-terusan ditanya kapan nikah, jadinya saya lupa belajar cara memasak menu andalan di waktu lebaran yang satu ini. Ketupat.
Karena dalam cara memasak ketupat yang saya bayangin itu pertama kali adalah, media yang digunakan dari daun kelapa. 
Mana saya nggak tahu lagi cara mengisi ketupat yang benar, agar takaran beras di dalam ketupat daun kelapa pas saat di masak. Nah, itu nggak sembarangan bisa masuk dan masaknya. Lama lagi matangnya. 
Jadi harus tepat, kalau tidak pas di makan bisa keras banget karena kelebihan takaran beras ataupun kurang matang.
Kalau tahun depan memang sudah menikah, meski punya rumah orang tua dan mertua, setidaknya jika nantinya pisah dari tempat tinggal orang tua dan mertua, bisa menyajikan makanan khas yang selalu hadir menjadi menu lebaran tersebut.
Ini nih yang buat saya jadi begitu sangat antusias untuk belajar cara masak ketupat yang praktis mudah dan nggak ribet.
Tapi untungnya, di tengah kesibukan menyiapkan keperluan lebaran dan tunangan ada solusi yang saya awalnya masih nggak ngeh, apa sih yang diributin di grup whatsapp.
Pesan silih berganti masuk tanpa saya harus amati pesan apa sih yang buat geger jagat per whatsappan.
Pas diamati, ternyata sedang bahas tentang Ketupat Mini. Wah penasaran dah. Ternyata Pat Pat Ketupat Mini ini produk dari K-Link.
Nah, beberapa teman-teman juga dapat kiriman ini dair Jakarta. Termasuk saya. Nah saya baru ngeh bahwa alamat yang saya tulis itu ternyata adalah untuk pengiriman Pat Pat Ketupat Mini K-Link.
Wah nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan kalau sudah begini. Ketupat mini ini pun tak lama tiba di antara Kang JNE sampai ke rumah.
Jadi, ternyata dari kegalauan tak sempat menyiapkan ketupat karena sibuk urus tunangan dan pernak-pernik lebaran lainnya, ketupat mini ini dikirim seperti sebuah solusi dan jawaban Tuhan dari segala keresahan jomblo yang tengah hadapi lebaran dan lamaran.
Paket Ketupat Mini Produk K Link itu datang H-2 sebelum lebaran. Saya yang penasaran pun langsung buka kotak yang dibalut kertas kopi cokelat dan di dalamnya ada kotak berwarna hijau bergambar ketupat.
Pas saya buka lagi di dalamnya ternyata produknya ketupat yang sudah siap diplastikan. Nah, saya jadi bertanya-tanya dong, ini plastik aman nggak dijadikan kemasan ketupat?
Nah, karena memang K Link ini MLM Syariah, sebenarnya pihak perusahaan pastinya sudah berhati-hati sebelum mengeluarkan sebuah produk. Jadi sebenarnya sudah sedikit lega.
Dan ditambah penjelasan tentang produk Pat Pat Ketupat Mini yang digunakan adalah plastik food grade dan free BPA, jadi makin lega deh. Tinggal eksekusi cari tahu cara memasak ketupat mini Pat Pat Ketupat Mini K Link tersebut.

Cara Masak Ketupat

cara masak ketupat
Soto dan Ketupat Hasil Belajar Cara Memasak Ketupat Mini 
Sempet tanya-tanya dulu bagaimana cara masak ketupat mini ini, sama nggak sama dengan umumnya yang pakai daun kelapa.
Sebenarnya sama. Hanya saja memang lebih praktis dan cepat. Sesuailah dengan namanya, Pat Pat Ketupat Mini = Praktis, Cepat dan Mantap.
Pada umumnya cara memasak ketupat dengan panci presto, cara memasak ketupat dengan panci biasa dan ada juga loh yang mencoba cara masak ketupat mini dengan magiccom. 
Nah saya akan jelaskan keduanya:

Cara Masak Ketupat Mini Menggunakan Panci dan Kompor Gas

1.    Pastikan plastik kemasan pertama dibuka dan dilepas dulu. Pilih kemasan plastik kecil-kecil berisi beras.
2.    Cuci kemasan ketupat mini dan plastiknya dengan air yang mengalir. Sebenarnya bisa langsung dimasukan ke dalam panci. Namun, untuk memastikan keheginesan, maka lebih baik dicuci terlebih dahulu.
3.    Siapkan air secukupnya di dalam panci dan hidupkan kompor gas, kompor minyak, ataupun dengan kayu bakar. Lalu, panaskan hingga mendidih.
4.    Setelah air rebusan mendidik lalu masukkan ketupat mini ke dalam air mendidih tersebut, dan rebuslah sekitar 60-90 menit.
5.    Jika sudah matan dan mengembang, angkat lalu tiriskan.
6.    Ketupat Mini K Link siap dihidangkan.

Cara Memasak Ketupat Pake Magiccom

1.    Kemasan Pat-Pat K-Tupat Mini dibuka dan dikeluarkan isinya.
2.    Cuci ketupat yang sudah dibungkus secara terpisah. Masaklah sesuai kebutuhan dan daya tampung magiccom.
3.    Siapkan panci di dalam magiccom dan magiccomnya.
4.    Panci magiccom diberi air bersih. Saat itu saya mencoba untuk 10 ketupat saya gunakan 1.000 ml air bersih untuk merebus K-Tupat K Linknya. Tapi nanti jika kurang setelah dimasukan ketupatnya bisa ditambah untuk disesuaikan.
5.    Biarkan mendidih terlebih dahulu air rebusannya.
6.    Jika sudah mendidih, lalu, masukkan kantung plastik ketupat ke dalam magiccom.
7.    Pastikan kantung plastik ketupat terendam sempurna agar k-tupat mini matang menyeluruh.
8.    Rebus K-Tupat sampai mengembang dan matang selama kurang lebih 60 menit.
9.    Jika sudah matang dan ketupat mengembang, silakan di angkat dan ditiriskan.
Nah sebenarnya cara ini sangatlah mudah. Apalagi sudah bertemu dengan Ketupat Mini, Pat-Pat K-Tupat Mini Produk K Link, wah sangat praktis sekali.
Menurut saya setelah mencoba memasak ketupat mini produk K Link ada beberapa catatan yang harus saya sampaikan.
Pertama, jika dibilang unggul dari segi keamanan dan halal, pihak K Link telah mencatatkan label halal dan aman pada produknya. Silakan di cek di kotak. Jika kurang yakin bisa ditanyakan ke admin atau pihak perusahaan.
Kedua, takaran beras tiap kemasan sudah disesuaikan. Sehingga sebenarnya tinggal memasaknya saja. Tapi jangan terlalu lama dan jangan sebentar dalam memasak.
Selain itu, pastikan kantung plastik tidak jebol, sehingga ketika di masak dan dihidangkan tetap dalam keadaan rapih.
Jadi cara memasak ketupat mini K Link ini harus benar-benar diperhatikan, jika tidak bisa saja ketupat keras atau plastik ketupat jebol.
Aroma Ketupat Mini ini wangi, jika ingin semakin harum bisa ditambahkan daun pandan pada proses perebusan.

Berapa Harga Ketupat Mini “Pat-Pat K-Tupat Mini K-Link”

cara memasak ketupat
Harga Ketupat Mini K-Link Rp30 ribu
Harga Ketupat Mini K Link ini dijual dengan harga Rp30 ribu untuk satu kemasan. Dalam satu kemasan, Pat-Pat Ketupat Mini K-Link ini berisi 20 bungkus.
Jadi jika dihitung per bungkusnya Rp1.500 rupiah. Masing-masing ketupat instan ini dijual berisikan 20 gram beras.

Jual Ketupat Instan dan Cara Beli Ketupat Mini

Bagaimana cara beli ketupat mini, dan dimana jual ketupat instant? Mungkin itu pertanyaan yang akan hadir dalam benak kita. Apakah ketupat instan di supermarket ada?
Jika benar, maka tepatlah, jika ketupat mini ini bisa disajikan menu tanding kapan saja ya. Jadi tidak hanya disajikan sebagai teman makanan khas lebaran saja.
Bisa juga disajikan untuk teman soto, sate, keredok, pecel, opor ayam, gulai, rawon, dan hidangan lainnya di hari-hari biasanya.
Jadi tak terlalu sulit mencari ketupat dan cara memasak ketupat yang sederhana dan mudah.
Kalau aku beli di mana ketupat mini ini, bisa dibeli di K Link. Bisa kok nggak harus jadi member K Link untuk membelinya.
Tapi kalau mau jadi member K Link, bisa isi form di sini. Lalu, membayar biaya member dan nantinya akan bisa mendapatkan diskon 20% untuk setiap pembelanjaan produk-produk milik K Link.
Nah, sebenarnya sudah dimudahkan sekali ya, dengan kehadiran Pat Pat K-Tupat Mini, sehingga cara masak ketupat yang praktis, cepat, dan mantap. 
Saya sudah dan untuk anda selamat mencoba. Selanjutnya saya mau mencoba belajar cara merebus ketupat agar tidak cepat basi. Semoga stok ketupat mini K-Link masih banyak untuk saya pesan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar