Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Pernikahan Serta Cinta

Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Pernikahan
Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Pernikahan Serta Cinta
Kali ini kita akan mempelajari tentang ayat Alquran tentang jodoh dan pernikahan. Jodoh dan pernikahan seperti yang kita ketahui adalah hal yang sangat diidamkan bagi mereka yang masih berstatus lajang.
Jodoh dan pernikahan adalah sebuah pengharapan bagi yang hidup untuk bisa melangsungkan hidup dengan berpasang-pasangan.
Maka ketika kita akan pelajari ayat alquran tentang jodoh dan pernikahan, maka kita juga akan mempelajari tentang pasangan hidup, ayat alquran tentang cinta dan jodoh.
Selain itu juga seperti memepelajari tentang ayat alquran tentang cinta kepada seseorang, ayat alquran tentang cinta kepada lawan jenis, dan sebagainya.

Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Pernikahan

Sebagaimana dalil tentang cinta dan kasih sayang berikut ini yang harus dipahami, sebagaimana telah diisyaratkan oleh Rasulullah dalam sabdanya;
“Man Razaqahullahu Imra’atan Shalihatan Faqad A’anahu Ala Syathri Dinihi”
Yakni, “Barang siapa dianugerahi Allah istri yang shalihah, sungguh Dia telah menolong separo agamanya, maka hendaknya ia bertakwa kepada Allah dalam separo yang lainnya.”
Selanjutnya: “Barangsiapa di antara kalian telah mampu, hendaknya ia menikah! Sebab dengannya, pandangan mata lebih bisa ditundukkan dan kemaluan lebih terjaga. Dan barangsiapa belum mampu, hendaklah ia berpuasa, sebab ia menjadi pengekang syahwat baginya.”
Maksud dari dalil terjemahan di atas adalah tentang keutamaan memiliki pasangan hidup atau keutaman nikah sebagai upaya pencegahan serta pemeliharaan diri dari penyimpangan dan kerusakan (seksualitas).

Ayat Alquran Tentang Cinta

Dalam hal ini yang akan dibahas adalah tentang jenis cinta yang menggebu-gebu atau membara.
Jadi ini istilah cinta yang inginnya selalu berdua dan tidak mau dipisahkan. Sehingga tidak bisa berfikir tentang hal lain.
Dalil tentang cinta dalam islam berikut ini ada di dalam surat Ar-Rum ayat 30 :
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa mawaddah dan rohmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (Ar-Rum : 21).
Ada juga jenis cinta yang penuh kasih sayang, lembut dan selalu siap untuk berkorban serta siap untuk melindungi.
Jadi orang yang memiliki cinta seperti ini adalah jenis cinta rohmah artinya ia lebih memperhatikan orang yang dicintainya dibandingkan dirinya sendiri.
Baca Artikel Lainnya: 
Dalil cinta dalam islam berikut ini yang menyebut tentang Rohmah selain di Surat Ar-Rum ayat 30 tetapi juga ada di Surat Al-Kahfi ayat 81. Jadi di sana disebut rasa cinta yang dipersembahkan untuk ibu dan bapak.
“Dan kami menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam kasih sayangnya (raohmah nya) (kepada ibu bapaknya).” (81)

Itulah terkait ayat alquran tentang jodoh dan pernikahan serta diperkuat tentang ayat alquran tentang cinta. Tentunya penjelasan tersebut masih ada banyak lainnya. Kita bisa lanjutkan di kolom diskusi. Semoga bermanfaat. Ikuti terus jomblotravelers.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Pernikahan Serta Cinta"

Post a Comment