Cara Mengurus dan Syarat Numpang Nikah di Indonesia


Jomblo Traveler's - Anda sedang mengurus Pernikahan? Berikut ini yang bisa Anda penuhi untuk memperlancar hajat pernikahan anda dan pasangan. Syarat Numpang Nikah ternyata tidak bisa kita sepelekan. Karena hal ini juga sangat menentukan keberlangsungan pernikahan.
Jadi bagi Anda yang sudah memiliki rencana dalam waktu dekat, selain memikirkan dan memenuhi semua kebutuhan pesta ada hal yang juga tak kalah penting untuk dipenuhi, yakni ihwal administrasi pernikahan.
Administrasi pernikahan ini menjadi penting, karena jika dianggap remeh, administrasi ini bisa menghambat kelancaran pernikahan Anda. Jadi mengurus administrasi pernikahan ini menyita waktu. Sehingga Anda dan pasangan harus benar-benar memperhatikan sedetail apapun tentang urusan administrasi pernikahan agar lancar dan tanpa hambatan.
Syarat Numpang Nikah (Skema alur pelayanan nikah)
Lalu, Kenapa harus mengurus administrasi numpang nikah?
Dan apa saja syarat numpang nikah di Indonesia?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut, jawabannya berlaku untuk Anda dan pasangan yang berasal dari daerah yang berbeda. Jadi mengurus surat numpang nikah ini perlu dilakukan.
Agar dalam mengurus surat numpang nikah ini lancar, mudah dan tanpa hambatan, yang perlu kamu perhatikan adalah pesiapkan dokumen pendukung. Apa saja kelengkapan dokumen mengurus surat numpang nikah yang harus dipenuhi, berikut penjelasannya.
1.    Meminta surat pengantar dari RT/RW setempat dengan membawa fotokopi KTP calon pengantin pria serta kartu keluarga.
2.    Surat pengantar yang sudah ada, kemudian dibawa ke kelurahan agar mendapatkan daftar dokumen yang perlu disiapkan kemudian calon pengantin pria bisa mengisi sejumlah formulir yang wajib diisi, seperti surat N1, N2, dan N4, dan surat keterangan belum menikah ke kelurahan. Saat mengisi formulir ini yang perlu calon pengantin pria siapkan adalah pasfoto 3×4 sebanyak 2 lembar, dan 2×3 sebanyak 2 lembar, Fotokopi KTP 2 lembar calon pengantin pria dan kamu, fotokopi KK calon pengantin pria dan kamu masing-masing 2 lembar, dan surat pengantar RT/RW yang sudah dibuat.
3.    Datang ke KUA asal calon pengantin pria untuk meminta surat rekomendasi numpang nikah di daerah tujuan.
4.    Setelah mendapat surat rekomendasi dari KUA asal, saatnya calon pengantin pria datang ke KUA yang dijadikan tempat pernikahan yaitu daerah kamu. Saat datang ke KUA ini yang diperlukan adalah melengkapi dokumen surat rekomendasi numpang nikah dari KUA asal, fotokopi KK calon pengantin pria dan kamu, foto berwarna 2×3; 3×4 masing-masing 2 lembar, fotocopy ijazah terakhir calon pengantin pria dan kamu, dan terakhir fotocopy Akta kelahiran.
Sebenarnya sangat sederhana dan mudah. Tapi sekali lagi hal ini harus diperhatikan dengan baik, cara mengurus surat numpang nikah ini juga harus dilengkapi syarat numpang nikahnya.
Nah, selamat berusaha, berjuang dan menempuh hidup baru. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah.

Baca : Daftar Nikah di KUA, Ini Cara, Syarat dan Biayanya


Baca : Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Nikah? Dengan Tenang dan Elegan, Tanpa Menyinggung Perasaan



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengurus dan Syarat Numpang Nikah di Indonesia"

Post a Comment