Fakta Keindahan Danau Cermin Lamaru yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat ke Balikpapan


Jomblo Traveler’s - Konon biaya hidup di Balikpapan yang terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur ini disebut-sebut sebagai kota termahal se-Indonesia. Tapi untuk menikmati pemandangan alam di tempat-tempat kecenya tidak semahal yang dibayangkan. Saat kamu memesan tiket pesawat ke Balikpapan, cobalah mencari tahu keberadaan danau indah bagaikan cermin alam di daerah Kelurahan Lamaru. Memang seperti apa sih keindahannya ini?
Asal Terbentuknya Danau Cermin Lamaru
Sebenarnya danau ini buatan manusia karena kebutuhan tertentu. Menurut penduduk sekitar, tanah asli danau ini sebenarnya dikeruk untuk kebutuhan tempat latihan lapangan tembak menembak pihak TNI AD. Pada tahun 2009, lapangan tembak beralas tanah seluas kira-kira 1 hektar di wilayah Lamaru ini pun digunakan untuk latihan. Ketika ditinggalkan, area tanah yang berbentuk cekung ini pun digenangi air dan membentuk danau yang kini tersohor dengan nama Danau Cermin Lamaru.
Nama Asli Danau Cermin Lamaru

Ada banyak julukan bagi danau yang berair jernih bagaikan cermin alam ini. Danau Hijau, Danau Cermin, padahal nama aslinya adalah Danau Rawamangun yang ada di kota Balikpapan. Disebut Danau Hijau karena bagian tengah yang berair dalam tampak kehijauan memantulkan warna pepohonan yang ada di sekitarnya. Sedangkan disebut danau cermin karena pantulan pepohonan dan awan yang berarak di atas danau tampak mirip sekali dengan aslinya.

Mitos Bumbu Misteri Danau Cermin Lamaru
Hampir sama seperti tempat lainnya, keberadaan danau yang seakan tiba-tiba muncul dari permukaan tanah pun diberi bumbu misteri. Konon ada ular raksasa yang menjadi penunggu Danau Cermin Lamaru. Apalagi ketika ada kejadian hilangnya seorang bocah laki-laki di area danau yang kemudian ditemukan dalam kondisi seakan tidak seperti tenggelam.
Anak Laki-Laki Jangan Sendirian di Danau Cermin Lamaru
Mitos danau ini pun mengundang kedatangan sebuah acara televisi yang menguak misteri untuk menginvestigasi keberadaan ular raksasa penunggu tempat ini. Wah ternyata bukan cuma ada sosok ular saja, diceritakan tim tersebut bertemu dengan mahluk astral lain yang mengincar anak laki-laki pengunjung Danau Cermin Lamaru. Menurut cerita, mahluk tersebut kehilangan anaknya saat pembentukan lapangan tembak dahulu kala. Dalam cerita ia ingin membalas dengan mengincar anak laki-laki untuk dijadikan pengganti anaknya. Percaya tidak percaya, tetap hati-hati ya.
Rute ke Danau Cermin Lamaru Tidak Sulit Kok
Meski misteri danau membuat bulu roma merinding, tidak sedikit yang tetap ingin ke Danau Cermin Lamaru. Letaknya sendiri cukup jauh puluhan kilometer dari pusat kota Balikpapan, tidak sulit mencapai lokasi Danau Cermin Lamaru. Selain dengan kendaraan sendiri, ada angkutan kota nomor lambung 7 yang rutenya menuju danau. Turun saja di SMK Adzkiya atau dekat Pondok Pesantren Gema Rahmatullah. Dari sini kamu lanjutkan dengan berjalan kaki untuk tiba di area danau.
Spot Terbaik Selfie dengan Danau Cermin Lamaru
Kalau berfoto di pinggiran danau, hasilnya biasa saja lho. Cobalah berjalan lagi mendaki bukit yang ada di samping danau. Agak naik sedikit barulah keindahan Danau Cermin Lamaru terlihat jelas pantulan alam yang tergambar di permukaannya.
Sayangnya tempat seindah ini belum dikelola dengan serius oleh pemerintah setempat. Jadi ada baiknya kamu mempersiapkan dengan tepat perbekalan air minum dan makanan ringan. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang kamu buat agar tidak mengotori keindahannya ya. (Adv)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Keindahan Danau Cermin Lamaru yang Sayang Untuk Dilewatkan Saat ke Balikpapan"

Post a Comment