Mengintip Keindahan Tempat Wisata Di Lombok

Gunung Rinjani, salah satu pesona tempat wisata di Lombok
Tempat Wisata di Lombok – Siapa yang tak kenal dengan Lombok. Sebuah daerah  di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan sejuta keindahan tempat wisatanya. Jumlah penduduk pulau lombok berada di angka kisaran 2.722.123 jiwa.
Tempat wisata di Lombok dikenal dengan keindahan lautnya. Hal ini dikarenakan Lombok berada di sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa, Pulau Lombok kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km.
Luas pulau Lombok mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram. (Baca juga : Solo Traveling Aman, Nyaman, dan Murah di Yogyakarta).
Ada banyak tempat wisata di Lombok yang menjadi kebanggaan Indonesia. Semakin banyak yang mengeksplore, semakin ramai pula wisatawan yang datang untuk mengunjungi dan mengabadikan keindahan pulau di NTB tersebut. Bahkan, yang tadinya tempat wisata di Lombok sangat asing tanpa pengunjung, kini menjadi destinasi wisata faforit di Indonesia. Dan pastinya, bikin baper abis.
Tak hanya laut dan pantai. Banyak tempat wisata di Lombok yang bisa kita nikmati. Lombok menawarkan banyak ragam keindahan alam dan budaya. Selain pantai dan pulau-pulau kecil, ketika kita di Lombok kita juga wajib mengunjungi air terjun, gunung, perbukitan, dan kampung tradisional. Tempat-tempat wisata di Pulau Lombok ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri bagi para wisatwan yang mengunjungi.
Pulau kecil yang ada di Lombok, yakni, pulau Trawangan pernah menjadi pulau terfavorit kunjungan wisata di Asia dengan jumlah wisatawan ke Lombok sekitar 2 juta kunjungan. (Baca artikel lainnya, 5 Ide Gila Traveling Untuk Para Jomblo). 
Nah, berikut ini, saya akan mengajak kalian semua untuk mengintip 80 keindahan tempat wisata di Lombok.
Perjalanan akan kita mulai dari Tempat Wisata di Mataram. Berikut ini, tempat wisata di Mataram yang bisa kamu kunjungi selama di Lombok :
1.    Pure Meru : Pura meru merupakan pura umat hindu terbesar yang ada di Lombok di bangun pada tahun 1720. Jl. Selaparang, Cakranegara.
Selanjutnya, kita mengunjungi tempat wisata di Lombok Timur. Berikut ini, tempat wisata di Lombok Timur yang bisa kamu kunjungi selama berlibur di Lombok :
2.    Pantai Pink : Terkenal dengan gugusan pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda. Alamat pantai pink berada di Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru.
3.    Pulau Pasir : Pulau pasir di Lombok Timur merupakan Pulau kecil yang muncul tergantung pada arah angin, lokasi pulau pasir berada di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak.
4.    Gili Petelu : Gili petelu merupakan pulau kecil memiliki 2 pantai yang berada di Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru.
5.    Sembalun : Desa Sembalun disebut sebagai negeri dongeng di bawah kaki Gunung Rinjani, lokasi Desa Sembalun Kec. Sembalun.
6.    Tete Batu :  Desa tete batu juga merupakan salah satu tempat wisata di lombok. Desa wisata di bawah kaki Gunung Rinjani menawarkan keindahan pemandangan persawahan, perbukitan dan keasrian desa yang damai. Desa Tete Batu kec. Sikur.
7.    Teluk Ekas : Teluk ekas dikenal dengan pantainya, yakni pantai ekas, terdiri dari beberapa pantai teluk yang berombak tenang dan berpasir putih, teluk Ekas juga di jadikan tempat wisata di Lombok karena memiliki spot untuk bermain surfing dengan ketinggian ombaknya yang cukup menantang. Teluk atau pantai Ekas berada di Desa Ekas kec. Jerowaru.
8.    Desa Adat Beleq Sembalun : Sebuah perkampungan kuno yang di jadikan situs bersejarah asal mula Suku Sasak di kawasan Sembalun berada di ketinggian 1.156 di atas permukaan laut. Lokasi Sembalun Beleq, kec. Sembalun.
9.    Gili Kondo : Sebuah Pulau kecil di bagian wilayah timur dengan pasir putih dan keindahan bawah laut yang masih perawan, namun tempat ini menjadi destinasi tourist manca negara, di tempat ini terdapat penginapan kecil. Kecamatan Sambelia.
10.  Tanjung Ringgit : Dikenal dengan keindahan pantai bertebing dan menyimpan sejarah, lokasi ini dulunya di gunakan jepang sebagi benteng pertahanan masih tersisa jejak sejarah seperti meriam dan juga gua untuk menyimpan persenjataan. Desa Pamongkang Kec. Jerowaru.
11.  Bukit Nanggi : Selain Rinjani, bukit Nanggi juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati keindahan perbukitan. Bukit Nanggi berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Bukit Nanggi menawarkan pemandangan alam yang menajubkan. Alamat Bukit Nanggi berada di Desa Sembalun kec. Sembalun.
12.  Bukit Pergasingan : Sebagai tempat wisata di Lombok, bukit Pergasingan  menawarkan suasana sejuk dengan pemandangan yang menajubkan. Bukit Pergasingan berada di ketinggian 1,700 di atas permukaan laut yang terletak di Desa Sembalun kec. Sembalun.
13.  Tanjung Beloam : Dengan daya tarik pantanya yang lebih menonjolkan panorama batuan cadas condong ke laut dengan membentuk formasi jembatan dan merupakan kawasan konservasi penyu. Tanjung Beloam berada di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru.
14.  Air Terjun Umar Maya : Air terjun juga bisa menjadi pilihan kalian ketika berada di Lombok. Air Terjun Umar Maya ini terletak di Bilok Petung, Desa Sembalun kec. Sembalun.
15.  Air Terjun Madu : Di wilayah Bilok Petung, Desa Sembalun kec. Sembalun kita tidak hanya bisa menikmati air terjun umar maya. Tetapi juga air terjun madu.
16.  Air Terjun Mangku Kodeq : Air terjun mangku kodeq juga berada di Bilok Petung, Desa Sembalun kec. Sembalun.
17.  Air Terjun Kuda Semberani : Bilok Petung, Desa Sembalun, Kec. Sembalun memang dikenal sebagai kawasan yang menyediakan air terjun. Salah satunya Air Terjun Kuda Semberani. Tak hanya air terjun kuda semberani, di wilayah tersebut juga ada Air Terjun Mayung Puteq.
18. Air Terjun Kokoq Puteq : Lokasi air terjun ini berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun.
19.  Pantai Antak-antak : Pantai yang memiliki kolam renang asin ini beralamt di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru.
20.  Gili Sulat : Gili suliat menawarkan keindahan hutan mangrove. Sesekali hadir ke sini dengan menggunakan perahu kecil nelayan. Rasakan suasana seperti di danau karena arusnya yang begitu tenang. Untuk bisa ke Gili Sulat tujuan kita ada di lokasi Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia.
21.  Pantai Tanjung Cina : Seperti kawasan pantai lain di sekitarnya tanjung cina menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Alamat pantai ini berada di Desa Pemokong, Kec. Jerowaru.
22.  Pantai Kaliantan : Pantai Kaliantan berada di kawasan terpencil, pantai berpasir putih dengan garis pantai berbentuk unik merupakan destinasi tersembunyi yang bisa di kunjungi di Lombok. Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru.
23.  Pantai Surga : Dengan keindahan pantai, seindah namanya, dengan pantai yang berpasir putih serta pemandangan gundukan pulau-pulau kecil tak bertuan dengan air lautnya yang terlihat hijau bening membuatnya layak sebagai destinasi wisata. Nah, kalau mau kesini, bisa kunjungi Desa Ekas Kecamatan Jerowaru.

Baca Artikel lainnya : Tempat Wisata di Jogja Murah, Menarik dan Romantis

Selanjutnya, kita akan mengintip keindahan Tempat Wisata di Lombok Utara. Tempat wisata di Lombok Utara, sebagai berikut :
24. Gili Trawangan : Siapa yang tidak kenal tempat ini. Gili Trawangan di kenal sebagai pulau kecil paling exotic di dunia. Terlebih fasilitas yang ada di pulau tersebut sangatlah lengkap, karena di gili trawangan, wisatawan bisa diving course, snorkeling, kayaking, kehidupan malam, restaurant, hotel, villa semua memiliki kelas yang beragam. Alamat Gili Trawangan berada di Desa Gili Indah, Kec. Pemenang.
25.  Gili Meno : Tempat wisata yang ada di Lombok Utara ini akan mengajarkanmu hal-hal romantis. Karena di Gili Meno suasana romantis akan selalu menjadi pandangan mata liburan kita. Gili Meno dikenal sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu. Yang mau berbulan madu silakan datang ke Desa Gili Indah, Kec. Pemenang.
26.  Air Terjun Sendang Gile : Air terjun yang satu ini bentuknya bertingkat. Ketinggian air terjun sendang gile berkisar 30 meter. Air terjun ini berada di bawah utara kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kec. Bayan.
27.  Air Terjun Tiu Kelep : Air terjun Tiu Kelep disebut-sebut sebagai air terjun paling terkenal dengan ketinggian 40 meter desa Senaru, kecamatan Bayan.
28.  Gunung Rinjani : Yup, siapa yang tak kenal gunung yang satu ini. Begitu dekat dengan para pecinta alam, khususnya mereka yang hobi naik gunung. Gunung Rinjani masih aktif, dikenal sebagai gunung merapi aktif yang memiliki ketinggian 3,726 m di atas permukaan laut.
29.  Bukit Malimbu : Lokasi yang satu ini menyajikan pemandangan yang indah dengan hamparan pebukitan, lembah dan pantai. Lokasi desa Melaka, Kec. Pemenang.
30.  Bukit Nipah : Bagi para pemburu foto sunset alias senja menuju pulang, bisa datang ke Bukit Nipah. Dengan background Gunung Agung Bali dan 3 Gili di Lokasi desa Melaka, Kec. Pemenang kamu bisa merayakan kenangan sang senja pulang.
31.  Hutan Pusuk : Lokasi wisata ini lebih tepatnya adalah hutan lindung yang dihuni ribuan kera, Pemenang Barat.
32.  Pantai Sire : Dengan ombak yang tenah dan pasir putihnya, tempat ini banyak berdiri hotel-hotel super mewah. Lokasinya ada di Jl. Pantai Sire, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung.
33.  Masjid Kuno Bayan : Masjid ini merupakan situs peradaban islam dan merupakan masjid pertama di Lombok yang di bangun pada abad ke 17 dan sampai saat ini masih mempertahankan gaya arsitekturnya sejak awal di bangun. Lokasi desa Bayan kec. Bayan.
34.  Pantai Pandanan : Pantai berpasir putih dengan pemandangannya yang memanjakan mata, disini kita bisa mencoba wisata kuliner ikan bakar khas Lombok. Dusun Pandanan, Desa Melaka, Kec. Pemenang.
35.  Air Terjun Sekeper : Air terjun sekeper dikenal sebagai Air terjun tertinggi di NTB dengan ketinggian 115 M menjatuhkan air sekitar 5.000 liter perdetik, tempat wisata di Lombok ini terhitung baru dan cara mencapainya harus dengan trekking dan menggunakan jasa guide lokal karena berada di hutan kaki Gunung Rinjani. Lokasi Desa Santong Kec. Kayangan.
36.  Air Terjun Panggung : Untuk ke air terjun panggung kita harus sampai di  Dusun Opong Sebangun, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga.
37.  Air Terjun Tiu Pupus : Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 m persegi. Lokasi: Dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga.
38.  Air Terjun Penimbung Torean : Kita akan sampai, dengan jalur pendakian ke Gunung Rinjani lewat Torean.
39.  Air Terjun Tiu Teja : Ketinggian Air Terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter, berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan.
40.  Air Terjun Kerta Gangga : Kerta gangga merupakan tempat wisata air terjun yang berada di atas tebing dan satunya lagi berada di dalam gua, Terletak di Kertaraharja, Desa Genggelang, Kec. Gangga.

Baca Juga artikel lainnya : Pulau Pasaran Bandar Lampung, Bumbu Penyedap Rasa Hiruk Pikuk Kota yang Padat

Nah, masih ada lagi nih, Tempat Wisata di Lombok Barat. Kira-kira apa saja yang tempat wisata di Lombok Barat yang bisa kita sambangi :
41.  Senggigi : Dikenal dengan wilayah pantainya, yakni, pantai senggigi. Pantai ini merupakan Pusat pariwisata NTB, Jl. Raya Senggigi Km. 8
42.  Gili Nanggu : Sebuah pulau kecil yang di huni ribuan jenis ikan, surga snorkeling. Lokasi Desa Medang, Kec. Sekotong.
43.  Pura Batu Bolong : Pura batu bolong merupakan pura bersejarah di dirikan pada tahun 1533 diatas batu hitam. Jl. Raya Senggigi Km. 7
44.  Gili Kedis : gili kedis dikenal sebagai pulau kecil dengan bentuk cinta, Lokasi Desa Medang, Kec. Sekotong.
45.  Gili Gede : Wisatawan di gili gede akan diperlihatkan keindahan pulau dengan pantai yang menajubkan, Lokasi Desa Medang, Kec. Sekotong.
46.  Gili Layar : Hamparan karang biru akan terlihat ditempat ini, jika menyelam. Ya, Gili Layar dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Gili layar berada di  Desa Medang, Kec. Sekotong.
47.  Taman Narmada : Taman Narmada merupakan taman raja kuno di dirikan pada tahun 1727, Jl. Ahmad Yani, Lembuak, Narmada.
48.  Pura Lingsar : Pura ini merupakan pura tua yang didirikan pada tahun 1714, lokasi Desa Lingsar, Kecamatan Narmada.
49.  Desa Banyumulek : Desa Banyumulek merupakan desa kecil yang masyarakatnya 80 persen berprofesi sebagai pengerajin gerabah dan desa ini merupakan pusat pembuatan gerabah yang di export ke beberapa Negara. Desa Banyumulek kec. Kediri.
50.  Hutan Sesaot : sebagai hutan lindung dengan luas 5.000 hektar, huta sesaot memiliki sumber mata air sekitar 40, hutan ini juga di jadikan hutan wisata dan banyak kegitan bisa di lakukan di tempat ini seperti bersepeda mengelilingi hutan, mandi di airnya yang dingin, trekking dan juga camping. Desa Sesaot Kec. Narmada.
51.  Gili Sudak : Jika ingin menikmati tempat wisata di Lombok dengan keindahan pulau kecil serta air laut yang sangat tenang seperti danau dengan pasir putih dan di huni banyak jenis ikan, kura-kura dan karang yang menajubkan datang saja ke pulau yang berlokasi di Desa Medang, Kec. Sekotong. Jangan takut untuk kemalaman, di sini ada penginapan dan restaurant.
52.  Batu Mekar Lingsar : Sebagai tempat wisata di lombok, batu mekar menawarkan daya tarik aliran sungainya yang deras di apit oleh bebatuan dengan pemandangan persawahan subur dan bukit hijau, tempat ini dijadikan lokasi arung jeram. Desa Batu Mekar kec. Lingsar.
53.  Pantai Nambung : Selain menawarkan pemandangan yang indah keunikan pantai nambung adalah hempasan ombaknya ke bebatauan yang seperti air terjun, nambung dikenal sebagai air terjun asin. Lokasi Buwun Mas Kec. Sekotong.
54.  Gili Asahan : Selain sebagai spot untuk snorkeling, Gili Asahan sudah tak asing bagi para penyelam karena keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Lokasi: Sekotong.
55.  Bangko-Bangko : dikenal dengan Keganasan ombaknya yang begitu tinggi membuat kawasan pantai ini menjadi destinasi para surfer manca Negara tapi tidak itu saja bangko-bangko juga di kenal sebagi spot yang luar biasa untuk memancing. Lokasi: Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong.
56.  Air Terjun Kumbi : Air terjun ini tidak terlalu terkenal karena belum banyak wisatwan yang mencoba menyusuri keindahannya, tapi tempat ini merupakan point bagi mereka yang hobi bersepeda menyusuri hutan rimbun dengan pepohonan besar di sekeliling. Lokasi:  Dusun Kumbi, Desa Lembah Sempaga kecamatan Narmada.
Eits, masih ada lagi nih tempat wisata di Lombok, seperti Tempat Wisata di Lombok Tengah ini :
57. Pantai Kuta : Pantai berpasir putih yang berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut.
58.  Desa Sade : Desa adat yang masih menjaga budaya dan gaya hidup suku asli Lombok, terletak di desa Rembitan, Pujut.
59. Tanjung Aan : Pantai yag memiliki 2 bentuk pasir seperti merica dan tepung. Desa Kuta Lombok, Kec. Pujut.
60.  Batu Payung : Pantai yang tidak memiliki pasir dan memiliki batu dengan bentuk unik, Desa Kuta Lombok, Kecamatan Pujut.
61.  Selong Belanak : Pantai berpasir putih panjang 1 Km, ramai di kunjungi wisatwan Eropa, Desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat.
62.  Pantai Seger : Pantai indah dengan perbukitan dan memiliki legenda. Desa Kuta Lombok, Kecamatan Pujut.
63.  Mawun : Pantai berpasir putih berombak tenang dengan perbukitan yang berbentuk gerbang. Desa Tumpak, Kecamatan Pujut.
64.  Sukarare : Perkampungan tradisonal tempat pembuat kain tenun songket, Desa Sukarara Kecamatan Jonggat.
65.  Pantai Gerupuk : pantai ini untuk penghobi selancar. Sebab wilayah pesisir pantai ini juga memiliki ombak tinggi yang memacu adrenalin. Desa Grupuk.
66.  Pantai Mawi : Lokasi: Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat
67.  Pantai Semeti : Pantai yang memiliki bentuk bebatuan seperti palnet crypton, terletak di Desa Mekarsari, Kawasan Gunung Prabu, kecamatan Pujut.
68.  Pantai Tlawas : Memiliki struktur yang sama dengan pantai Semeti, Desa Mekarsari, Kecamatan Pujut.
69.  Bukit Tunak : Bukit tunak merupakan taman wisata alam seluas 1.200 hektar dengan bukit yang menjulur ke Samudra Hindia. Lokasi: Desa Mertak, Kecamatan Pujut.
70.  Benang Kelambu : Benang kelambu merupakan tempat wisata di lombok yang berada di lokasi yang lebih tinggi dari Benang Stokel air terjun ini seperti tirai yang terkena hembusan angin. Desa Benang Stokel kec. Batu Keliang Utara.


Nah itu dia, 70 tempat wisata di Lombok yang berhasil kita sama-sama intip. Semoga ada rezeki yang banyak ya. Jadi bisa menyambangi semua lokasi tempat wisata di Lombok.
Previous
Next Post »