Tips aman perempuan backpacker sendirian


Tips aman perempuan backpacker sendirian – Cewek/perempuan traveling, siapa takut? Kata-kata optimis yang kerap saya dengar dari kawan-kawan saya yang notabene adalah perempuan. Perempuan memang hobinya jalan-jalan. Tapi banyak juga yang nggak mau jalan-jalan sendirian karena faktor keamanan. Jadi traveling atau jalan-jalanya harus ramai-ramai.

Ah, masa iya. Ya, beberapa media yang sempat saya baca, memang kejahatan tak pernah mengenal jenis kelamin. Tapi paling banyak memang dialami oleh perempuan. Tapi, apakah karena faktor keamanan perempuan nggak boleh backpacker sendirian. Oh tentu tidak. Pastinya perempuan boleh dong backpacker sendirian. Traveling sesuai apa yang dimau, tanpa harus pusing kenapa-kenapa dalam perjalanan. Tentunya, seorang perempuan harus bisa mengantisipasi hal-hal terburuk, seperti kecopetan, perampokan, atau hal yang paling buruk seperti pelecehan seksual.

Nah, karena kegalauan seorang perempuan, yang mau traveling sendirian tapi masih takut-takut, saya pun mencoba merumuskan dengan bertanya kepada beberapa perempuan yang hobinya traveling, dan menjadi seorang backpacker yang sudah malang melintang ke beberapa daerah sendirian.

Ini dia, tips perempuan backpacker sendirian yang akan memberikanmu wawasan, cara traveling aman bagi para perempuan yang pergi sendirian :

1.            Membuat rencana liburan
Kalau mau aman, tentu harus punya rencana. Biar ketika traveling tidak bingung tempat-tempat mana saja yang akan dituju. Biasakan rencana tersusun dengan rapih. Rencana ini juga nantinya yang akan membuatmu bisa memastikan berapa pengeluaran selama traveling. Dan pastikan, rencana liburan kamu bisa berjalan dengan sesuai harapan. Artinya, kamu bisa list tempat wisata atau daerah yang akan dikunjungi, setidaknya ramah untuk dikunjungi seorang perempuan. Misal, kamu mau liburan ke Jogja, dan kamu lagi cari tempat-tempat wisata di Jogja. (Baca artikel selengkapnya di tempatwisata di Jogja Murah, Menarik dan Romantis).

2.            Cari informasi lokasi yang dituju sedetil mungkin
Tentu tips kedua ini juga masih berkaitan dengan tips pertama di atas. Setelah berhasil menyusun rencana lokasi yang akan dituju, tugas kamu sekarang adalah, mencari tahu informasi lokasi yang akan dituju sedetil mungkin. Kamu harus tahu akan menginap di mana, lokasi makan di mana, tempat istirahat di mana, tempat menambah daya batrai handpone di mana. Tempat melaksanakan ibadah selama perjalanan di mana? Setidaknya meleset pun tidak terlalu jauh, sehingga akan menyita waktumu secara sia-sia. Selain itu, agar kamu tahu berapa jarak dalam perjalanan, dan berapa waktu yang dibutuhkan selama perjalanan. Kendaraan yang akan digunakan jurusan antara satu tempat ke tempat lain harus  kamu ketahui. Nah, pas tanya alamat pun nantinya kamu nggak terlihat polos-polos amat yang nggak ngerti nama tempat. Misalkan, kamu mau liburan ke Surabaya, dan dari Lampung ke Surabaya harus naik pesawat. Artinya kamu juga butuh tiket murah untuk terbang dari Lampung ke Surabaya (Baca selengkapnya di HargaTiket Pesawat Terbang dari Lampung ke Surabaya).

3.            Cukup kamu yang tahu, kalau kamu traveling sendirian.
Sepele sih. Kamu harus pastikan orang disekitarmu tidak khawatir atas kepergianmu selama traveling sendirian. Tapi kamu juga harus memberi kabar kepada orang yang bisa menjaga rahasia. Sehingga, orang tersebut bisa memantau keberadaanmu selama perjalanan.

4.            Bawalah bekal makanan dan pakaian secukupnya.
Kalau kamu nggak mau ribet, dan bisa memastikan kebutuhan makan dan minummu selama perjalanan terpenuhi, kamu bisa nggak bawa bekal makanan. Tapi setidaknya untuk menghindari tempat-tempat yang sulit dijangkau warung makan dan bekal minum, lebih baik dipersiapkan juga. Selain itu, bawalah pakaian secukupnya. Jangan bawa pakaian yang ribet, seperti gaun, higgh heels, sepatu hak tinggi, atau apalah yang tidak ada gunanya dengan perjalanan traveling kamu. Sesuaikan dengan isi tas juga ya. Kan backpacker, tentunya tas ransel yang bisa menampung barang bawaan kamu ya.

5.            Cari penginapan khusus perempuan
Lebih enaknya menginap tempat orang yang sudah dikenal. Misalkan kerabat atau keluarga dari ayah dan ibu. Jikalau harus menginap, pilihlah penginapan yang memang dihuni khusus untuk para perempuan.

6.            Bawa alat pelindung
Setidaknya kamu bawa pisau lipat atau gunting. Senjata ini kenapa harus dibawa, siapa tahu berguna untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak kita inginkan, hal diluar dugaan yang akan terjadi. Letakan alat-alat tersebut ke tempat yang mudah dijangkau.

7.            Hindari perjalanan malam
Jika daerah yang kamu kunjungi tidak ramah, apalagi terhadap perempuan, lebih baik kamu menghindari perjalanan malam. Segera cari tempat yang lebih aman, begitupun dalam memilih penginapan.

8.            Cari yang murah, tapi tidak murahan
Pastilah, hal ini tidak luput dari ingatan. Setiap pergi kita harus menghemat pengeluaran. Caranya dengan mencari tempat tempat yang murah. Tapi diupayakan tidak murahan, artinya mengganggu kesehatan, keselamatan, kenyamanan, dan keamanan kamu selama perjalanan.

9.            Pilih penginapan yang berdekatan tempat makan, mini market, dan ATM
Jika memungkinkan, tempat seperti ini patut dicari ketika dalam perjalanan jauh. Sehingga ketika menambah bahan bakar untuk diri kamu sendiri, tidak terlalu sulit. Selama perjalanan akan ada pengeluaran tak terduga, untuk itu ATM sangat dibutuhkan secara mendadak.

10.       Selalu Pastikan Baterai Ponselmu Penuh. Dalam Keadaan Darurat, Ponsel Adalah Harapan Terbaikmu.
Handphone saat ini seperti menu utama dalam hidup. dikit-dikit handphone, jalinan komunikasi tercepat pun nampaknya dari handphone. Nah, alat ini bisa kamu gunakan dalam keadaan darurat maupun tidak. Selain sebagai senjata untuk berfoto, handphone juga beguna untuk menghubungi seseorang dalam perjalanan. Jadi pastikan baterai selalu terisi.

11.       Bergayalah Seperti Penduduk Lokal
Kata kawan, seorang perempuan itu di setiap daerah harus merasa dirinya sebagai penduduk setempat. Tidak perlu cemas dalam perjalanan, dan tidak perlu bawa peta yang besar. Cukup pakai handphone yang sudah ada aplikasi petanya. Ini juga memastikan bahwa gaya dan tingkah kita tidak membuat warga sekitar heboh yang menunjukan bahwa kamu adalah pendatang.

12.       Catat nomor-nomor penting, seperti kepolisian dan penyelenggara kesehatan
Selalu waspada, dengan memiliki nomor-nomor penting. Ketika ada masalah bisa langsung menghubungi.

13.          Pastikan liburan kamu menyenangkan
Ubah pemikiran bahwa liburan sendirian penuh resiko, apalagi seorang perempuan. Sekarang nikmati semua perjalanan dengan gaya yang kamu miliki. Selamat liburan.



Previous
Next Post »