Tempat-Tempat Wisata di Lampung Berdasarkan Letak Daerah yang Wajib Dikunjungi

tempat-tempat wisata di Lampung berdasarkan daerahnya
Cari tempat-tempat wisata di Lampung? Tak salah lagi. Sebagai pintu gerbang yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Lampung juga berbatasan dengan Selat Sunda (disebelah barat) dan Pulau Jawa (sebelah timur). Sementara di sebelah utara, Lampung berbatasan langsung dengan Provinsi bengkulu dan juga Sumatera Selatan.



Lampung terdapat banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Bahkan banyak tempat-tempat wisata di Lampung berdasarkan letak daerah yang wajib dikunjungi selama anda berada di Lampung.

Mengapa Lampung banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi? Pertanyaan yang menarik. Kenapa Lampung memiliki tempat wisata yang wajib dikunjungi? Itu karena Lampung memiliki perairan laut yang sangat luas. Coba berapa luas perairan laut Provinsi Lampung? Ya kurang lebihnya 24,820 km persegi atau 41,2% dari wilayah Provinsi Lampung. Luas kan.

Lalu, berapa panjang garis pantai Provinsi Lampung? Kurang lebihnya 1.105 km. Lampung juga memiliki 130 buah pulau kecil. Sementara luas Provinsi Lampung 35.376,50 km persergi.

Tak heran, Lampung terdapat banyak pulau. Pulau-pulau yang ada di Lampung sebagian besar terletak di Teluk Lampung, di antaranya, Pulau Legundi, Pulau Tegal, Pulau Kelagian, Pulau Darot, Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, Pulau Krakatau, Pulau Tanjung Putus, Pulau Pahawang, dan Pulau Tabuan. Di Wilayah Barat, Lampung juga punya pulau yang cukup dikenal yakni Pulau Tampang dan Pulau Pisang. Tak hanya itu saja. Keanekaragaman Adat dan Budaya Provinsi Lampung juga menjadi destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi.

Bagi anda yang mencari tempat wisata di Lampung dengan kesesuaian daerah, saya telah menuliskan berbagai pilihan wisata berdasarkan letak daerahnya untuk dijadikan panduan dalam memilih lokasi wisata terbaik di Lampung yang menyuguhkan nuansa alam yang asri dan keindahan yang membuat anda sulit untuk move on dan berpaling meninggalkan Lampung.

Berikut ini alamat lokasi wisata Lampung dan tempat-tempat wisata di Lampung berdasarkan letak daerah yang wajib dikunjungi:

1.      Tempat Wisata di Kalianda, Lampung Selatan:
Sebagai serambi sumatera atau kabupaten yang langsung berbatasan dengan Selat Sunda dan Pulau Jawa, Lampung Selatan memiliki garis pantai yang sangat panjang, yakni mencapai 200 km. Lampung selatan menjadi daerah yang juga banyak menyediakan tempat liburan bagi para wisatawan. Berikut ini tempat wisata di Lampung Selatan:

a.      Anak Gunung Krakatau
Lokasi terdekat terletak di kawasan Bakauheni, Lampung Selatan. Untuk mengakses ke anak gunung krakatau, anda harus menuju ke dermaga canti, Kalianda, Lampung. Waktu yang ditempuh sekitar 45 menit. Nah, disana bisa menyewa kapal. Anak gunung krakatau ini adalah gunung api yang muncul setelai gunung krakatau meletus pada tahun 1927. Anak gunung krakatau menjadi destinasi wisata cagar alam. Dan ini masih aktif loh guys. Hati-hati ya.

b.      Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi
Pulau sebuku ini ada pulau sebuku kecil dan pulau sebuku besar. Nah, lokasinya masih sama dengan anak gunung krakatau. Satu paket perjalanan. Begitupun dengan Pulau Sebesi. Rasakan kerukunan warga kepulauan dan nikmatnya memanjakan pandangan mata dengan birunya laut dan ikan yang indah ya guys.

c.       Lagoon Cabe, Pulau Gunung Krakatau atau dikenal dengan Pulau Gunung Rakata
Lokasinya terletak di kawasan gunung krakatau induk yang pernah meletus dengan dahsyat. Nah, lagoon cabe ini katanya menjadi spot terbaik yang berada di kawasan cagar alam krakatau. Karena perairannya jernih loh. Anda bisa melihat sampai dasar laut.

d.      Pantai Embe (Merak Belantung)
Dulu, memang dikenal sebagai pantai merak belantung. Sekarang dikenal dengan pantai embe. Lokasi pantai ini berada di KM 45 trans Sumatera, berada di kawasan pengelolaan Grand Elty Krakatoa.

e.       Pantai Wartawan
Di pantai ini ada sumber air panasnya loh, suhunya bisa mencapai 100 derajat celcius, panas sekali. Tepatnya di sisi pantai karang kaki bukit gunung botak. Nah di gunung ini anda bisa lihat hamparan pantai yang begitu menakjubkan, indah betul. Karena pantai ini terletak di antara gunung rajabasa, antara lereng gunung dan laut. Lokasi pantai wartawa kalianda ini terletak di way muli, 14 km dari Kalianda.

f.       Pantai Pasir Putih dan Pulau Condong
Ngetrend banget nih di tahun 1980an sampai di tahun 2000-an. Saya masih abege aja masih sering pacaran di sini. Ups. Dari zaman kakek saya sampai saya deh. Zaman adik saya sudah mulai sepi karena banyak pantai yang mulai dibuka. Tapi, pantai ini masih beken kok. Sesuai namanya, pantai ini berpasir putih. Menuju ke lokasi ini tidak sulit. Tepat di jalan lintas sumatera bakauheni dengan bandar lampung. Pantai ini selalu ramai pengunjung. Sekarang kembali ramai. Nah, dari pantai ini, bisa nyeberang pakai kapal ke pulau condong. Cuma butuh waktu 20 menit.

g.      Taman Makam Nasional Pahlawan Radin Inten II
Tak hanya pantai ada juga nih wisata religi,, di makam pahlawan Lampung.

h.      Way Belerang
Kawasan pemandian air panas ini selalu ramai. Apalagi yang datang untuk berobat.

2.      Tempat Wisata di Bandar Lampung
Ibu Kota Provinsi Lampung yang lagi kekinian banget sama fly over nya, juga ada tempat wisata loh. Sebagai ibu kota, aktifitas perekonomian sangat pesat. Makanya, tempat hiburan hingga hotel, restaurant, cafe, dan pusat perbelanjaan terus menjamur memadati pemandangan kota. Tempat-tempat tersebut juga menjadi tempat hunting yang unik bagi para komunitas dan anak-anak muda di Lampung. Berikut tempat wisata di Bandar Lampung:

a.      Museum Lampung
Museum Lampung menjadi destinasi wisata sejarah, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Berlibur sambil belajar banyak hal. Musem Lampung terletak di Jl. Z.A Pagar Alam tak jauh dari lampu merah universitas lampung.

b.      Taman Kupu-Kupu Gita Persada dan Taman Rusa Wan Abdurahman
Kecantikan kupu-kupu menjadi pilihan tempat ini selalu diburu para traveler. Khususnya, perempuan. Alamat taman kupu-kupu terletak di kaki gunung betung, kecamatan Kemiling. Dari pusat kota hanya butuh waktu 15 menit kalau tidak macet. Sebelum sampai di taman kupu-kupu, anda bisa mampir terlebih dahulu ke penangkaran rusa Wan Abdurahman.

c.       Tugu Adipura atau Patung Gajah
Datanglah malam hari. Sekedar melepas lelah dari segala penat aktifitas yang padat. Menikmati pemandangan lalu lintas dan kemesraan yang sangat tampak pada kedua mata. Menikmati gemericik air mancur yang ada di patung gajah. Dan menikmati suasana dengan foto bersama orang yang disayang.

d.      Masjid Agung Al-Furqon
Datanglah ketika malam. Satu arah dengan tugu adipura yang berada di pusat kota. Gemerlap warna-warni lampu semakin menghidupkan warnamu. Tapi kalau ke Al-Furqon datanglah setiap saat azan berkumandang. Di sini adalah masjid kebanggan masyarakat Lampung.

e.       Pulau Pasaran
Kalau kalian bosan dengan segala hal, datanglah ke pulau pasaran. Nikmati senja yang berpulang pada malam. Sunset dan sunrise yang indah bertemankan aktifitas masyarakat kepulauan. Kalau pagi hari kita bisa lihat sunrise di pulau pasaran bertemankan kapal-kapal bersandar begitu rapih. Siang harinya ada aktifitas nelayan yang menjemur ikan dan teri. Diolah menjadi ikan asin ataupun teri tawar. Sore harinya, jangan lupa saksikan kemesraan senja di pulau ini.

f.       Puri Gading dan Pantai Tirtayasa
Sekedar menjauhkan dari kondisi kota yang bising. Merapatlah ketepian pantai ini. Tidak jauh dari pusat kota. Nikmati segala keindahan yang ada di sana suasana pantai yang akan membuatmu larut bersama angin.

g.      Air terjun Batu Putu
Inilah keindahan yang tak disangka. Pusat kota memiliki keindahan alam yang mendamaikan. Air terjun batu putu menjadi lokasi favorit para pecinta alam di kota ini menghabiskan waktu liburannya. Suasana hening dan alam yang asri semakin menciptakan kedamaian.

3.      Tempat Wisata di Pesawaran
Melihat posisi geografis yang dimiliki, Kabupaten Pesawaran merupakan daerah penyangga Ibukota Provinsi Lampung. Secara keseluruhan luas wilayah Kabupaten Pesawaran adalah 1.173,77 km2 atau 117.377 Ha dengan Kecamatan Padang Cermin sebagai kecamatan terluas, yaitu 31.763 Ha. Kabupaten Pesawaran terdiri atas 37 (tiga puluh tujuh) pulau. Tiga pulau yang terbesar adalah Pulau Legundi, Pulau Pahawang, dan Pulau Kelagian. Kabupaten Pesawaran juga mempunyai beberapa gunung yaitu Gunung Ratai di Kecamatan Padang Cermin dan yang tertinggi adalah Gunung Pesawaran di Kecamatan Kedondong dengan ketinggian 1.662 m. Sungai terpanjang di Kabupaten Pesawaran adalah Way Semah, dengan panjang 54 km dan daerah aliran seluas 135,0 km2. Sedangkan aliran sungai-sungai kecil diantaranya Way Penengahan, Way Kedondong, Way Kuripan, Way Tahala, Way Tabak, Way Awi, Way Padang Ratu, Way Ratai, dan lain-lain. Berikut tempat wisata di Pesawaran:

Pulau Pahawang menjadi pulau yang memukau dengan obyek wisata taman lautnya yang indah. Pahawang menjadisurganya para penghobi snorkeling, diving, dan fotografi. Bayangkan saja, air yang jernih, terumbu karang yang penuh pesona, dan berbagai jenis koral dan ikan-ikan cantik yang berwarna-warni, dan ini menjadi daya tariknya Pulau Pahawang. Untuk menuju Pulau Pahawang, anda bisa masuk lewat dermaga ketapang. Dari pahawang anda bisa langsung menuju Pulau Legundi, Pulau Kelagian, Tanjung putus, maitem, dan Pulau-Pulau lainnya. Karena dermaga ketapang saat ini menjadi dermaga antar pulau yang ada di Pesawaran.

b.      Pantai Klara
Pantai klara atau dikenal sebagai kelapa rapat awal mulanya bernama Teluk baru. Pantai ini dikelola TNI AL. Di pantai ini selain berenang anda bisa bermain banana boat dan wahana lainnya.

c.       Pantai Mutun dan Pulau Tangkil
Pantai mutun cukup dikenal. Karena pada awalnya, pantai mutun menyediakan jasa penyebrangan ke pulau, yakni pulau tangkil. Saat ini di pantai mutun dan pulau tangkil terus penuh wahana yang bisa dicoba pengunjung. Pantai ini sangat padat sekali saat libur lebaran dan tahun baru.

d.      Pantai Sari Ringgung
Tak kalah tenarnya. Pantai ini juga menyjikan spot foto yang menarik bagi pecinta fotografi, baik dari properti di laut maupun dari atas bukit. Melalui pantai sari ringgung kita bisa nyebrang ke pasir timbul dan pulau tegal.

e.       Karang menyinguk, teluk hantu, pantai batu payung, pulau wayang, dan beberapa pulau lainnya.
Tepatnya di labuan jaya, anda bisa menikmati banyak tempat, dari pantai sampai pulau, dan bahkan katanya di tempat ini kerap ditemukan lumba-lumba.

f.       Air Terjun
Di Pesawaran tidak hanya pantai, pulau, dan laut lepas saja yang bisa dinikmati. Bahkan, di kabupaten pesawaran ini juga banyak air terjun yang bisa kita nikmatin. Hampir rata-rata disetiap kecamatan memiliki air terjun. Dari air terjun sinar mulya sampai padang cermin, dan taman hutan raya yang dikelola oleh pemerintah provinsi pun bisa dinikmati para pengunjung. Jelas air terjun di pesawaran sudah dikelola kelompok sadar wisata, jadi kalau mau ke sana sudah ada pemandunya.

4.      Tempat Wisata di Pringsewu
Pringsewu memang bukan kawasan wisata. Tapi, pringsewu punya tempat wisata yang nggak kalah dari kabupaten/kota yang wilayahnya masuk kawasan tempat wisata. Kabupaten Pringsewu terus menata kabupatennya agar memiliki tempat wisata yang patut dikunjungi karena keindahannya. Inilah tempat wisata di Pringsewu yang oke punya:

a.      Talang Air Pringsewu
Talang air di pringsewu terletak di Desa Pajaresuk. Talang air ini adalah bangunan irigasi bersejarah yang dimiliki Pringsewu. Bangunan hasil penjajahan Hindia Belanda saat Belanda di Indonesia. Ke sini hanya ditarik biaya parkir, dan anda bisa foto sepuasnya. Tapi ingat harus hati-hati dan selalu gandeng pasangan yang anda bawa ya.

b.      Bukit PJR Pringsewu
Bukit PJR atau bernama lengkap Panjarejo Pringsewu. Bukit yang menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Pringsewu. Dari Bandar Lampung anda bisa ambil pengkolan ke kiri hingga sampai di bukit yang menyajikan pemandangan alam seperti sawah dan perkampungan. Di sini lagi hits foto di atas ketinggian dengan latar sawah-sawah dan kampung loh. Udara yang sejuk dan perjalanan yang sangat hijau semakin membuat mesra perjalanan anda.

c.       Bukit Blt Pringsewu
Sama halnya bukit PJT. BLT atau Balitorejo menyajikan tempat spot foto di atas ketinggian dengan latar alam, baik sawah maupun perkampungan. Di tempat ini kita juga melihat senja menuju pulang.

d.      Bukit Pangonan
Di bukit pangonan ada banyak spot foto yang memanjakan intuisi fotografi anda. Drai rumah pohon, rumah payung, jembatan love dan lain halnya bisa anda temui ditempat ini.

e.       Tugu bambu rest area
Sudah pasti tugu bambu menjadi awal mula Kabupaten Pringsewu gencar mengkampanyekan wisata. Di Rest Area ini di kala malam menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Banyak kuliner yang tersajikan. Tak jauh dari rest area ini ada satu lokasi penjual belut di pringsewu.

5.      Tempat Wisata di Tanggamus
Tempat-tempat wisata di Tanggamus merupakan salah satu primadona yang ada di Provinsi Lampung. Dengan posisi Tanggamus yang berada di daerah garis pantai dan laut lepas, Tanggamus memiliki kawasan wisata andalan yakni spot bertemu dengan lumba-lumba. Berikut tempat wisata di Tanggamus yang patut dikunjungi:

a.      Teluk Kiluan
Teluk kiluan adalah tempat wisata yang siap memanjakan anda bertemu dengan lumba-lumba. Alamat teluk kiluan berada di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus. Di sini juga anda bisa menikmati sunrise dan sunset.

b.      Pantai Gigi Hiu
Terkenal dengan nama pantai gigi hiu, karena banyaknya karang tajam yang menyerupai gigi hiu. Dulunya terkenal sebagai pantai Kelumbayan. Alamat pantai gigi hiu terletak di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Memang pantai ini tidak bisa dijadikan sebagai arena snorkeling ataupun berenang. Karena pantai ini menjadi lokasi fotogenik yang sangat apik. Bahkan, pantai ini sempat menjadi salah satu tempat syuting film traveler yang kece badai “The Nekad Traveler”

c.       Gunung Tanggamus
Siapa lagi yang tak kenal dengan Gunung Tanggamus. Kawasan bagi pecinta alam yang paling diminati di Provinsi Lampung. Para pendaki di Lampung kerap menghabiskan waktu akhir pekannya di tempat ini.

d.      Air Terjun
Sama halnya dengan kabupaten Pesawaran. Tanggamus juga banyak air terjun, dan yang paling terkenal hingga saat ini adalah air terjun lembah pelangi. Bagaimana di dalam air terjun anda bisa melihat pelangi yang indah. abadikan momen mesramu ditempat ini ya.

6.      Tempat Wisata di Lampung Tengah
Katanya Lampung Tengah tidak punya tempat wisata. Karena, tempatnya yang jauh dari wilayah bentangan pariwisata. Wah kata siapa? Nih tempat wisata di Lampung Tengah:

a.      Puncak Bukit Batu Bara Linggapura
Alamat puncak bukit batu bara Linggapura ini terletak di Desa Linggapura, Kecamatan Selagai Linggai.  Kini tempat yang dikenal bukit linggapura ini menjadi salah satu tempat wisata yang hits dan kerap dikunjungi para traveler. Wahana wisata ke puncak harus dilalui dengan trecking. Kalau ramai-ramai pastinya perjalanan akan berlangsung seru.

b.      Air Terjun Curup Tujuh dan Air Terjun Curup Lestari
Alamat air terjun curup tujuh ini terletak di Desa Margajaya, Kecamatan Padang Ratu. Dari pusat kabupaten gunung sugih dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi. Perjalanan yang jauh, tetapi eksotisme air terjun akan memperlihatkan betapa indahnya Lampung Tengah. Sedangkan Air Terjun Curup Lestari masuk dalam kawasan register di Desa Kota Batu, Kecamatan Pubian.

c.       Tugu Kopiah Emas
Kalau yang ini jangan ditanya lagi. Tugu kopiah emas terletak di pusat kota Lampung Tengah. Tepatnya di pelataran pemerintahan Lampung Tengah. Sore hari tempat ini akan ramai pengunjung. Selain sebagai tempat santai, tempat ini juga dijadikan spot foto dan arena bermain anak loh. Semoga tempat ini selalu ramah pada pengunjung ya.

d.      Danau Bekri dan Danau Tirtagangga
Terletak di kecamatan Bekri masuk ke kawasan PTPN 7 danau ini begitu menarik. Suasana yang hening dan dingin semakin menyahduhkan ketenangan.

7.      Tempat Wisata di Metro
Kota Metro merupakan kota pendidikan. Tapi bukan berarti di Kota Metro tidak ada tempat wisata. Kota metro punya tempat wisata. Ini dia tempat wisata di Metro:

a.      Taman Merdeka
Taman merdeka Kota Metro tepat di jantung kota. Depan rumah dinas dan masjid agung Taqwa. Sebagai alun-alun di Kota Metro, tentunya tempat ini selalu dipadati pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar kota. Terlebih saat akhir pekan. Kalau sudah ke sini mampir juga ke Lapangan Samber, sekedar icip kuliner dan beberapa tempat durian.

b.      Dam Raman
Alamat Dam Raman Kota Metro terletak di Purwoasri, Metro Utara. Irigasi terbesar ini menjadi yang paling banyak dikunjungi, khususnya muda-mudi. Karena tempatnya yang sejuk dan nyaman.

8.      Tempat Wisata di Lampung Timur
Kalau ke Lampung Timur apa yang diingat? Yup, pasti semua sepakat Lampung Timur itu Taman Nasional Way Kambas. Karena memang, Lampung Timur telah dipilih oleh pemerintah sebagai tempat perlindungan satwa gajah Sumtera. Karena banyaknya populasi gajah di kawasan yang ada di Lampung Timur. Inilah tempat wisata di Lampung Timur:

a.      Taman Nasional Way Kambas
Berdiri pada tahun 1985, taman nasional way kambas merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia yang dulunya bernama Pusat Latihan Gajah (PLG). Kalau sekrang kalau tak salah namanya telah ganti menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan menjadi tempat pelestarian gajah sumatera untuk tetap hidup, dan menjadi pusat penjinakan gajah liar, pelatihan, perkembangbiakan, dan tentunya konservasi. Selain gajah di sini juga melindungi beberapa hewan yang hampir punah, seperti badak dan harimau sumatera.

b.      Situs Purbakala Pugung Raharjo
Taman purbakala Pugung Raharjo ini merupakan situs purbakala yang ada di Provinsi Lampung. Aneka macam arkelog dan artefak ditemukan di tempat ini. Alamat taman purbakala ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Lampung Timur. di taman ini juga pernah ada salah satu buku novel melakukan pemotretan, bukunya kalau nggak salah berjudul Begal Cinta. idih, seru ya. Selain sebagai wahana wisata, tempat ini juga kerap dijadikan ritual. Wah lengkap wisata edukasi dan wisata religi nih.

c.       Pantai Kuala Kambas
Lampung Timur punya pantai loh, namanya pantai kuala kambas. Alamat pantai kuala kambas terletak di batas timur taman nasional way kambas. Banyak pohon cemara loh. Kaya di lagu-lagu itu.

9.      Tempat Wisata di Pesisir Barat
“Kabupaten Pesisir Barat diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum,” sekiranya itulah anggapan di negeri Para Saibatin. Sungguh, ada banyak surga wisata di Pesisir Barat dengan segala keindahannya.  Sebagai salah satu kabupaten yang terletak di paling ujung wilayah Lampung, Pesisir Barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Maka, sangat pantas, Pesisir Barat memiliki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di luar Provinsi Lampung. Pesisir Barat memiliki panorama pantai yang begitu memukau. Ombak dan birunya air laut yang memanjakan mata. Lembutnya pasir pantai yang membius suasana. Serta aroma dan udara dari pephonan yang rindang semakin menyamankan suasana. Nampak jelas, Pesisir Barat punya segudang pesona. Berikut tempat wisata di Pesisir Barat;

a.      Pelabuhan Nusantara
Salah satu pelabuhan terbesar di Pesisir Barat yang terletak di Pekon Kota Jawa Bengkunat, Belimbing atau 90 km dari Krui. Pelabuhan yang digunakan sebagai tempat singgah kapal-kapal dagang dan transport di Pesisir Barat. Lokasi ini juga merupakan tempat favorit keluarga untuk berekreasi dan memancing. Kawasan yang masih alami dan udara sejuk khas daerah pesisir menjadikan lokasi ini sebagai destinasi yang harus dikunjungi.
b.      Pantai Siging
Pantai Siging Bekunat berjarak 75 km dari Krui. Pantai ini juga menjadi destinasi wisata favorit keluarga dan para penghobi mancing. Hamparan pasir yang luas dan bangunan pelabuhan lama menambah kesan antik yang dimiliki Pantai Siging. Deretan perahu kecil yang digunakan nelayan untuk melaut juga menghiasi sepanjang pantai tersebut.
c.       Keramat Manula
Daerah yang berbatasan dengan Bengkulu. Terletak di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Kec. Lemong. Ke Keramat Manula ini dari Bandarlampung kurang lebihnya +325 km dan +75 km dari Pesisir Tengah. Apa saja yang bisa kita temui di lokasi tersebut; adanya makam tua yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar, yakni makam Syekh Aminullah. Ia merupakan seorang yang dipercaya sebagai penyebar agama Islam pertama kali di Pesisir Barat.
d.      Goa Matu
Goa Matu adalah sebuah goa yang terletak di Desa Way Sindi, Kec. Penggawa. Berjarak 15 km atau 25 menit perjalanan dari Kota Krui. Goa ini terletak di tepi pantai. Meski dikenal goa biasa, goa ini dianggap simblo tatanan masyarakat lain selain manusia. Alias makhluk yang tidak kasat mata. Berbagai cerita mistis sering dihubung-hubungkan dengan goa ini. Jadi goa ini memang terkenal karena cerita mistisnya dan bahkan kerap dilakukan ritual mistis. Bagaimana, berani mencoba datang ke Goa Matu.
e.       Makam Gajah Mada
Meski masih pro dan kontra, ada yang beranggapan makam Gajah Mada terletak di Pekon Kerbanglanggar. Tepat di tepi jalan Krui – Bengkulu. Situs ini ditempuh dengan waktu 2,5 jam dari Liwa, Lampung Barat dengan jarak tempuh 60 km. Jika melalui Krui, Makam Gajah Mada dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam atau 25 km kurang lebihnya. Seperti yang sudah banyak dijelaskan di ilmu sejarah, bahwa Gajah Mada atau yang dikenal dengan sumpah palapa adalah mahapatih yang paling masyhur dari kerjajaan Majapahit di Trowulan, Jawa Timur. Pernah memimpin pasukan mengarungi samudera di seantaro nusantara hingga Madagascar. Namun, informasinya memang kerap masih menjadi perdebatan kebenaran keberadaan makam Gajah Mada ini.
f.       Pulau Pisang
Sebuah pulau kecil yang indah. Ya, namanya sudah terkenal di mana-mana. Pulau Pisang. Sebuah kecamatan yang berada di tengah laut yang dimiliki Pesisir Barat. Pulau yang biasa dicapai dengan perahu motor dalam waktu kurang lebih 45 menit dari pelabuhan Kuala Stabas. Sekitar 15 menit dari desa Tembakak, sebuah daerah terdekat untuk menuju Pulau Pisang. Dengan luas wilayah 231 hektare dan 2346 jiwa atau 497 kepala keluarga, Pulau Pisang punya sejuta pesona. Selain kehidupan masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan. Di Pulau Pisang, kita bisa menikmati banyak spot foto. Di sini, silakan cari spot foto terbaikmu. Di Pulau Pisang juga ada wisata kebudayaan dan sejarah. Dari menenun tapis hingga ziarah di makam keramat. Eh menuju Pulau Pisang juga kita bisa menikmati atraksi lumba-lumba. Biasanya lumba-lumba atraksi pada pukul 07.00-10.00. Di Pulau Pisang juga kita bisa memutari perkebunan warga dengan dimanjakan mata melihat deburan ombak dari ketinggian. Tebing-tebing dan karang yang terus didebur ombak tinggi, air laut yang biru semakin memanjakan kedatangan wisatawan. Sungguh, aku tak ingin pulang ketika berada di sana.

Selain beberapa tempat tersebut, masih banyak lokasi yang bisa kita kunjungi. Seperti Labuhan Jukung Krui, yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Di sini, saya melihat senja yang berpulang. Bagaimana matahari terbenam dan berganti malam. Bagaimana mesranya ombak lautan dengan warna keemasan dari cahaya matahari yang tengah turun. Larut angin, melarutkan ingin, dan lupa kalau saya masih sendiri hingga saat ini.

Di Pesisir Barat juga banyak wisata air terjun yang bisa kita kunjungi. Bahkan ada juga pulau yang menjadi tempat penangkaran penyu di Muara Tembulih, Pekon Muara Tembulih Ngambur. Satu-satunya penangkaran biota luat yang ada di Pesisir Barat.

Ada juga pantai negeri ratu, pantai harapan, pantai matu, pantai tebakak, dan Pantai Tanjung Setia yang kerap dijadikan arena surfing. Disini juga disebut banyak orang sebagai tempat surga mempesona yang tersembunyi di sisi laut. Sebuah pantai yang terletak di jalur arus besar Samudera Hindia. Menjadikan pantainya memiliki karaktersitik ombak yang tinggi dan panjang. Ya, alhasil, menjadi surga para peselancar.

Ada juga batu lawang, pantai pugung walur, pantai sawung, pantai pugung penengahan, pantai pugung tampak, pantai melasti, pantai biha, pantai walur, pantai mandiri, pantai bambang, pantai lemong, hingga repong damar. Wah, betapa banyaknya destinasi wisata yang bisa kita kunjungi. Sungguh, menarik hati. Belum lagi banyaknya makanan khas di Pesisir Barat. Salah satunya, sate ikan tuhuk atau blue marlin.

10.  Lampung Barat
Kabupaten Lampung Barat 4 tahun lalu memiliki banyak tempat wisata. itu dikarenakan Pesisir Barat masih dalam bagian di Lampung Barat. Akan tetapi, saat ini juga Lampung Barat masih punya banyak tempat wisata yang memukai. Ini dia tempat wisata di Lampung Barat yang memukau:
a.      Gunung Seminung
1.881 mdpl ketinggian yang dimiliki Gunung Seminung. Gunung yang menawarkan sejuta keindahan dari ketinggian. Pemandangan yang luar biasa tersaji. Melihat danau ranau dan keindahan lainnya.
b.      Danau Suoh
Alamat danau suoh terletak di Desa Suka Marga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Eksotik danau dan lembahnya yang terhampar membuat perjalanan teramat menyenangkan. Para pengejar foto, di tempat ini bisa menjadi moment terbaik.
c.       Danau Ranau
Tak lagi disanksikan keindahan danau ranau. Tempat yang sejuk dan menyegarkan membuat danau ranau selalu menjadi pilihan untuk berwisata. Terletak di kaki gunung seminung, danau ranau menjadi tempat foto yang apik.
d.      Wisata Paralayang
Alamat wisata paralayang Lampung Barat tidak jauh dari Danau Ranau, di Kecamatan Lumbok Semuning, dari ketinggian 400 mdpl kita akan dimanjakan terbang menyaksikan pemandangan yang menarik.
e.       Sungai Way Besai
Memacu adrenalin di sungai yang banyak bebatuan dengan cara rafting. Alamat sungai way besai ini terletak di Pekon Sukamenanti, Kecamatan Sumberjaya.

11.  Way Kanan
Wisata Way Kanan terkenal dengan wisata alamnya. Inilah tempat wisata di Way Kanan:
a.      Air Terjun Putri Malu dan Sumber Air Panas
Alamat Air terjun putri malu berada di Kampung Jukuh Batu, Kecamatan Banjit. Selain air terjun putri malu di tempat ini ada juga pemandian air panas. Putri Malu dan Sumber Air Panas memiliki cerita legenda yang tidak bisa dipungkiri. Ketinggian air terjun putri malu sendiri mencapai 80 meter.
b.      Wisata Lestari Ekobudaya Gedung Batin
Di sini kita akan lebih mengenal tentang rumah adat yang telah berdiri selama 3 abad lamanya. Belum pernah direhab namun masih berdiri kokoh. Rumah panggung asli adat Lampung berukuran 12 x12 meter. Keisitmewaan rumah adat ini adalah sebagai saksi perdagangan antar negara pada zaman dahulu.
c.       Sungai Way Besai
Di sungai way besai yang terletak di gedung batin ini kita bisa bermain tubing dan bamboo rafting.  Kalau pakai ban hanya 15 ribu per ban nya kita sudah dapat menimati sensasi liar sungai hingga 2 km. Sedangkan bamboo rafting butuh kocek 500 ribu per rakit.
d.      Kampung Budaya Bali Sadhar
Nuansa bali hadir di Way Kanan. di mana mayoritas masyarakat di sana bali. Ornamen bali pun begitu kental.

12.  Tempat Wisata di Lampung Utara
Tempat wisata di Lampung Utara? apa ya? selintas kita dibuat bertanya-tanya. Di Lampung Utara itu ada tempat wisata loh? Ini dia tempat wisata di Lampung Utara?

a.      Bendungan Way Rarem
Alamat bendungan Way Rarem berada di Desa Pekurun, Kecamatan Abung Barat. Kalau dari Kota Bumi, sebagai ibu kota Lampung Utara mencapai 36 kilometer. Bendungan way rarem merupakan objek wisata yang cukup terkenal, karena sebagai bendungan terbesar yang dimiliki Lampung. Bendungan ini digunakan untuk keperluan irigasi dan penampungan sumber air.

b.      Bendungan Tirta Shinta
Selain bendungan way rarem, Lampung Utara punya juga bendungan yang dijadikan sebagai tempat wisata air. Alamat bendungan tirta shinta terletak di Desa Wonomarto.

c.       Curup atau air terjun
Lampung Utara juga punya wisata air terjun. Wisata air terjun di Lampung Utara antara lain, curup talang, curup selampungan, curup indah klawas, curup waras, curup manjukut, dan curup muara aman.

13.  Tempat Wisata di Tulangbawang
Mari saatnya kita eksplore potensi wisata di Tulangbawang. Sebab, di Tulangbawang banyak potensi yang bisa digali sebagai potensi wisata. Berikut potensi tempat wisata di Tulangbawang:
a.      Kota Tua Menggala
Sebagai kota tua, tentu punya sejarah. Nah, Menggala merupakan kota tua yang bersejarah, dan terdapat budaya yang amat kental. Di Menggala ini ada pelabuhan dan dermaga sungai yang bisa dijadikan destinasi wisata alam.
b.      Cakat Raya
Wisata cakat raya menyajikan miniatur candi prambanan. Bahkan ada rumah adat berbagai daerah di Indonesia. Jika ini dikembangkan, maka menjadi potensi yang sangat besar untuk mendatangkan wisatawan.
c.       Monumen Patung Tugu Rato
Beberapa akhir ini tempat ini menjadi sangat ngehits di sosial media. Bagaimana tidak, monumen patung tugu rato merupakan ikon di Tulangbawang. Alamat monumen patung tugu rato ini terletak di Kampung Rawa Kebo, Kecamatan Panaragan Jaya.
d.      Aliran Sungai dan Kampung Tua
Di Tulangbawang masih banyak yang bisa dijadikan potensi wisata. termasuk wisata air dan perkampungan yang ada di wilayah perairan sungai Tulangbawang. Wah, semoga terus menjadi destinasi wisata yang ramah sehingga terus banyak traveler datang ya.

14.  Tempat Wisata di Tulangbawang Barat
Sebagai kabupaten baru, Tulangbawang Barat tentunya memiliki potensi yang bisa dijadikan wisata. Berikut tempat yang sudah ramai dikunjung, mungkin saja sebagai tempat wisata di Tulangbawang Barat:
a.      Islamic Center dan Sesat Agung Tulangbawang Barat
Tempat ini kini menjadi icon Tulangbawang Barat.

15.  Tempat Wisata di Mesuji
            Sebagai kabupaten baru, sama seperti Tulangbawang Barat, Mesuji juga punya potensi wisata yang bisa dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Lampung. Karena Mesuji terletak di daerah yang langsung berbatasan dengan Sumatera Selatan, bahkan banyak dilalui aliran sungai. Saat ini Mesuji juga sudah memiliki tempat wisata, salah satunya taman kehati (taman keanekaragaman hayati). Berikut tempat wisata di Mesuji:
a.      Taman Keanekaragaman Hayati (taman kehati)
Waterboom taman keanekaragaman hayati atau lebih dikenal dengan tama kehati kini menjadi kebanggaan masyarakat Mesuji. Alamat taman kehati terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjungraya itu diresmikan Bupati Mesuji Khamami pada Rabu (12/4/2017). Selain dijadikan tempat rekreasi, tempat berenang, di taman kehati bisa dijadikan sebagai pendidikan pengenalan flora.
b.      Pelabuhan Rawajitu Utara
Kawasan yang masuk ke dalam kawasan Mesuji ini nantinya akan dijadikan sebagai pelabuhan atau dermaga antara Mesuji dengan Tanjung priuk. Rawajitu Utara sebagai sentral kawasan industri dan pelabuhan.
c.       Sepanjang aliran sungai
Bisa dijadikan sebagai potensi wisata lalu lintas masyarakat setempat dengan perah motornya, disini kampung tua dan kampung perairan serta segala potensi bisa lebih dimaksimalkan kedepannya.


Nah itu tadi tempat-tempat wisata yang ada di Lampung merunut daerahnya masing-masing. Masih banyak wisata yang belum sempat tertulis. Sedikitnya itulah gambaran yang ramai dikunjungi.









Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Qultwit Blog
admin
20 June 2017 at 00:13 ×

Wuiihh lengkap referensi tempat liburan nya,, terimakasih informasinya memudahkan untuk mencari tempat berlibur.

Congrats bro Qultwit Blog you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar