Pulau Pasaran Bandar Lampung, Bumbu Penyedap Rasa Hiruk Pikuk Kota yang Padat

Pulau Pasaran, Telukbetung Timur, Bandar Lampung
Pulau Pasaran memang tidak seterkenal Pulau Pahawang. Meski Pulau Pasaran telah padat penduduk dan berada tak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung. Alamat Pulau Pasaran sendiri terletak di kelurahan Kota Karang, Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung. Sebuah pulau yang memiliki daya tariknya sendiri dengan adanya jembatan kecil dan aktifitas nelayan teri dan olahannya.

aktifitas olahan ikan menjadi ikan asin
Pulau Pasaran dikenal sebagai tempat terbesar pengolahan ikan asin dan ikan teri di Kota Bandar Lampung. Bahkan, pulau ini sempat didatangi calon investor dari Belanda atau dari Jerman. Tapi sayang programnya tak juga sampai, karena beberapa faktor. Ya, setidaknya mata dunia sudah melirik Pulau Pasaran. Tingga kedepan pemerintah kota berbenah diri dan menangkap potensi bukan hanya sebagai proyeksi pribadi.

Tak hanya itu saja. Selain aktifitas pengolahan dan nelayan ikan yang menjadi daya tarik, Pulau Pasaran masih memiliki daya tarik sendiri untuk masyarakat di luar pulau datang ke tempat ini. Sungguh, Pulau Pasaran memang salah satu tempat yang indah yang ada di Provinsi Lampung. Terlebih bagi para pecinta fotografi.

Senja di Pulau Pasaran
Apa yang kalian cari agar kalian ke tempat ini? Senja, atau yang biasa disebut sunset atau lebih tepatnya matahari terbenam. Ya, Pulau Pasaran menjadi salah satu tempat yang terbaik untuk mengabadikan moment saat matahari terbenam. 

Senja di Pulau Pasaran
Pulau Pasaran
Tak hanya itu saja. Di Pulau Pasaran juga kita bisa menikmati matahari terbit. Keindahan dan kesejukan sebuah pulau di kala pagi akan teramat menghibur hati para pengunjungnya. Terlebih suasana perkampungan yang teramat ramah bagi para pendatang.

Sunrise di Pulau Pasaran
Suasana pagi di Pulau Pasaran
Ya, di Pulau Pasaran juga kita bisa menikmati udara pagi dengan latar matahari terbit. Di tempat ini, keindahan kota terpancar. Penatnya kota yang padat, teramat lepas setelah bisa datang ke tempat ini. Pulau Pasaran selalu punya cerita disetiap perjalanan anak manusia.

Pulau Pasaran di kala pagi
Pulau Pasaran, ke mana kita harus datangi? Cari jembatan yang tak jauh dari Masjid di Kelurahan Kota Karang arah ke Pantai, kalian akan temukan sebuah jembatan dan pengkolan ke kanan. Ambillah pengkolan pertama setelah jembatan itu. Lalu, terus, hingga menemukan tulisan jalan menuju Pulau Pasaran.

Memang berbentuk gang. Tidak bisa dilalui mobil. Cukup dilalui motor. Dan nikmati suasana jembatan di Pulau Pasaran bisa juga menjadi view terbaikmu di tempat ini.

Jembatan Pulau Pasaran sasaran foto santai bersama orang terdekat

Jembatan pulau pasaran masih sangat pagi
Suasana kampungnya pun sangat ramah dan apik untuk dikonsumsi dengan cara fotografi

Pulau Pasaran seperti memiliki dermaga untuk kapal nelayan

Kapal bersandar di Pulau Pasaran

Suasana hening di kala pagi di Pulau Pasaran

Jembatan buatan dari bambu di Pulau Pasaran

rumah-rumah di Pulau Pasaran

Penjemuran ikan asin secara tradisional dalam tahap kecil

Nah, gimana, saya sebenarnya masih punya banyak stok foto di Pulau Pasaran ini. Karena memang di pulau inilah saya menggali banyak inspirasi, hingga akhirnya buku novel saya terbit. Bahkan, di pulau ini saya jadikan latar dan cover di Novel HuJanuari.

Cover yang digunakan

alternatif cover



Previous
Next Post »