Lokasi Wisata di Indonesia yang Selalu Padat Pengunjung Saat Libur Lebaran

Mari siapkan uang jajan untuk berlibur
Libur lebaran selalu dimanfaatkan dengan baik para pemudik. Sehingga, lebaran pun tidak hanya menjadi ajang silaturahmi untuk saling memaafkan. Tetapi momentum kebersamaan orang-orang yang dicintai dengan cara mengunjungi tempat rekreasi sebagai ajang liburan bersama.

Maka tak heran ketiba libur lebaran, lokasi-lokasi wisata yang ada di setiap daerah selalu penuh dipadati wisatawan. Berikut ini, Jomblo Traveler’s akan merilis beberapa tempat yang selalu dipadati wisatawan saat libur lebaran.

Dimulai dari, Menulis Indonesia
1.    Jakarta
Walaupun lebaran dan banyak ditinggal warganya untuk mudik, ibu kota Jakarta selalu memiliki daya tarik. Sehingga, saat libur lebaran pun Jakarta tetap selalu dipadati wisatawan. Biasanya, tempat-tempat wisata di Jakarta dipadati pada H+2. Beberapa objek wisata yang biasanya ramai dikunjungi saat Lebaran, di antaranya,

a.  Ancol Taman Impian,
Target 1,5 juta orang akan mengunjungi kawasan wisata yang berada di wilayah Kota Admisnistrasi Jakarta Utara tersebut selalu dipatok oleh pihak pengelola Ancol. Bahkan, pihak pengelola juga menyiapkan lahan seluas 18 hektar yang khusus dijadikan lahan parkir dan dapat menampung sebanyak 9.000 kendaraan.

b.  Taman Mini Indonesia Indah (TMII),
Pada hari Lebaran H+1 saja sudah dibanjiri sekurang-kurangnya 20.000 pengunjung. Bahkan, bisa sebanyak 30 ribu pengunjung memadati obyek wisata seluas 160 ha. Pengelola pun kerap menargetkan bisa menampung 300 ribu pengunjung setiap tahunnya. Karena, pada puncak lebaran selalu membludak hingga 100 ribu pengunjung.

c.   Taman Margasatwa Ragunan (TMR)
Prediksi pengunjung lokasi ini setiap harinya mencapai 50 ribu hingga 100 ribu pengunjung. Kepadatan pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mulai terjadi pada H+1. Pengunjung yang adatang sebanyak 75.000 pengunjung memadati tempat rekreasi tersebut.

d.  dan Monumen Nasional (Monas).
Monas sendiri berdasarkan data-data yang dihimpun setiap libur lebaran selalu dipadati wisatawan kurang lebihnya 8 ribu orang per hari.

2.    Lampung
Sebagai daerah penompang Jakarta, dan daerah paling ujung dari Sumatera untuk berbatasan langsung dengan Pulau Jawa, Lampung saat libur lebaran, wisata-wisata di Lampung selalu dipadati pengunjung. Antara lain:

a.     Sepanjang pantai yang terletak di Pesawaran
Area ini selalu padat pengunjung, bahkan bisa menjadi agenda macet berjamaah dihari libur. Karena, sepanjang jalan, dari wilayah Lempasing, Telukbetung Timur, Bandar Lampung hingga memasuki kawasan Kabupaten Pesawaran, itu banyak sekali lokasi wisata pantai.
Maka tak heran, seperti Pantai Mutun, Pulau Tangkil Kelapa Rapat (Kelara), Sari Ringgung, Pantai Dewi Mandapa, Dermaga Ketapang yang menghubungkan beberapa pulau, salah satunya Pahawang akan selalu menjadi lokasi wisata pilihan masyarakat baik dari Lampung maupun yang beraktifitas di luar Lampung. Tak heran, tempat wisata ini menjadi langganan sebagai lokasi wisata yang padat dikunjungi.

b.    Pasir Putih
Di era 2000-an, Pasir Putih yang berada di Kabupaten Lampung Selatan dan tak jauh dair pusat Kota Bandar Lampung masih menjadi pilihan terbaik pantai yang kerap dikunjungi wisatawan. Tak heran, pada masanya tersebut pasir putih selalu ramai dan padat wisatawan. Mungkin saja, era pasir putih akan kembali menyihir para pengunjung, dan sebagai lokasi pantai yang tersohor, pesona pasri putih belum hilang sampai saat ini. Dan pasir putih juga bisa menjadi alternatif kembali untuk dipadati pengunjung yang ingin berlibur.

c.      Pantai Embe atau yang dulunya dikenal sebagai Merak Belantung
Pantai ini terus berevolusi. Kini terus ditambahkan situs-situs menarik untuk dikunjungi wisatawan. Maka, diprediksi pada libur lebaran kali ini, Pantai Embe pun menjadi salah satu pantai yang akan diserbu pengunjung.

d.    Taman Nasional Way Kambas
Bisa jadi, Way Kambas masih dihati para pengunjung. Tentu saja, terlebih beberapa akses dan fasilitas terus ditambah oleh pengelola dan didukung pemerintah daerah. Tentu Taman nasional way kambas dengan atraksi gajahnya selalu punya tempat dihati masyarakat untuk dikunjungi. Terlebih, lebaran tahun ini lagi musim durian, sepanjang jalan ke Way Kambas para pengunjung akan dimanjakan dengan aroma durian yang menggugah selera.

3.    Bandung
Bandung untuk lokasi wisata yang kerap dipadati pengunjung jangan diragukan lagi. Bandung selalu punya cara untuk menghadirkan wisatawan menjadikannya tempat untuk berlibur bersama orang yang dicinta. Keromantisan wisata di Bandung selalu punya tempat untuk dikunjungi, termasuk disetiap libur lebaran. Di antaranya;

a.     Alun-alun Bandung
Murah meriah, nah itulah pertama kali terlintas dibenak saya. Sejak diresmikan dan diubah penampilannya, alun-alun Bandung punya selera yang lebih untuk dirindukan. Tepat di pusat kota, dan disekitar alun-alun pun merupakan destinasi wisata belanja dan kuliner yang dikenal sejak lama. Wah-wah, pasti bakal ramai nih.

b.    Farmhouse Lembang
Farmhouse Lembang? Yakin nggak tahu. Nipu bener, kalau nggak tahu tempat ini. Farmhouse Lembang dikenal sebagai tempat wisata yang paling lengkap. Dengan pesona Bandung Utara yang bergaya Eropa, tempat ini punya banyak spot untuk dikunjungi, termasuk foto-foto. Selain itu, di sini juga pengunjung bisa menikmati segarnya susu murni Lembang dan bermain dengan Domba Australia. Banyak kegiatannya, yang pasti lebaran ini nampaknya masih menjadi pilihan untuk dikunjungi.

c.      Gunung Tangkuban Perahu
Gunung tangkuban perahu layak masuk kategori wisata yang tak pernah luput dari ingatan pengunjung. Gunung tangkuban perahu merupakan salah satu lokasi wisata terkenal yang dimiliki Indonesia. Gunung yang menyerupai perahu dan beberapa legenda cerita didalamnya, gunung ini selalu dipadati pengunjung saat liburan tiba.

4.    Yogyakarta
Yogya teristimewa. Yup takkan luput dari sebuah catatan memori tentang masa lalu. Yogya selalu punya cerita. Bukan sekedar masa lalu, Yogya juga punya banyak cerita untuk lokasi-lokasi wisata yang patut dikunjungi, dan selalu padat pengunjung saat liburan tiba. Diantaranya,

a.     Malioboro
Tentu takkan pernah alpa bagi para pengunjung. Setiap ke Yogya atau orang-orang masih suka nyebutnya Jogja, Malioboro takkan terlewat. Kemanapun tujuan mengunjungi Yogya, malioboro selalu menjadi tempat singgah. Tepat di pusat kota Yogyakarta. Lokasi ini merupakan surga belanja, maka tak heran saat lebaran tempat ini akan ramai.

b.    Candi Borobudur
Meski lokasinya lebih dekat dengan Jawa Tengah, setiap yang ke Yogya juga akan mengunjungi candi ini. Maka selalu ramai dikunjungi saat lebaran.

c.      Candi Prambanan
Siapa yang tidak mengenal Candi Prambanan. Terletak di dua provinsi loh, ada di Sleman DIY dan Klaten Jawa Tengah. Prambanan adalah candi hindu terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Candi ini juga dikenal dengan sebutan Candi Rara Jonggrang yang dibangun sekitar 850 Masehi oleh Wangsa Sanjaya. Lokasi ini menjadi lokasi pilihan untuk berlibur dan selalu padat pengunjung.

d.    Pantai Parangtritis
Pantai yang katanya dikenal dengan mistisnya ini sudah dikenal di mana-mana. Bahkan, sudah sejak zaman dahulu. Jadi tak heran pantai yang terletak di Jl. Prangtritis km 28 ini selalu padat pengunjung saat libur tiba.

e.      Gua Pindul
Gua Pindul ini akhir-akhir ini menjadi beken. Di sosial media hampir menceritakan keindahan si goa. Menceritakan bagaimana serunya menyusuri gua menggunalan ban dalam. Wah, menjadi favourite untuk dikunjungi saat lebaran nih.


Tak hanya itu saja ya guys. Masih banyak tempat wisata yang memang padat pengunjung saat lebaran tiba. Bahkan, disetiap daerah yang belum saya sebut, misalkan Malang (Kota Batu dan beberapa tempat lainnya), Bali (Kuta, pantai pandawa, dan beberapa spot menarik lainnya), Surabaya, Palembang, Medan, Sumatra Barat, Aceh, Lombok, dan daerah lainnya tentu juga punya banyak tempat yang begitu padat dikunjungi saat lebaran tiba. Nah, semoga bermanfaat ya guys. Selamat berlibur. (dihimpun dari beberapa sumber dan ditulis berdasarkan pendapat admin) 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
HMG Studio
admin
10 June 2017 at 21:11 ×

informasinya membantu sekali

Congrats bro HMG Studio you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar