Kamu Berumur 25 Tahun, Idealnya Sudah Menikah

Tabel Ideal Menikah (Net)
“Bila engkau lelaki, engkau harus tahu arah saat melangkah. Bila engkau perempuan, seharusnya tahu bagaimana bertingkah.” Felix Y. Siauw
**

“Merasa menjadi pemuda yang lalai. Laki-laki yang mengkhawatirkan sebuah jalannya pernikahan. Semua akibat dari banyaknya dan berpikir sulitnya menikah. Sungguh, aku menyesal telah menunda pernikahan. Semua berimbas pada masa depan,” ujar salah satu sahabat kepada saya usai mendengarkan beberapa kajian di sebuah youtube tentang pernikahan.

Pernyataan yang sama juga disampaikan seorang perempuan. Salah satu teman saya, yang mengkhatirkan usianya. Ia menganggap telah berada pada titik kritis usia sebagai wanita. “Aku terlalu banyak memilih. Sehingga, kini sudah tak ada lagi yang bisa kupilih,” kata dia dalam sebuah percakapan whatsapp.

Banyak yang berpikir, bahwa menjalani rumah tangga itu bukan hanya urusan aku dan kamu. Bukan juga tentang perkara mencintai dan dicintai. Bukan tentang hari kemarin, hari ini, atau hari esok. Berbicara rumah tangga juga berpikir tentang nasib di masa depan. Tentu, hal tersebut menjadi titik kehawatiran bagi setiap orang yang ingin menikah. Kehawatiran ini menjadi titik ketidakyakinan untuk membangun masa depan melalui hubungan rumah tangga. Sehingga, banyak memilih dan banyak yang dimau sebagai kriteria. Alhasil, tidak ada yang bisa dipilih dan dijadikan pilihan.
Setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan akan berbicara tentang penyesalan. Entah saat ini, kemarin, atau hari esok. Karena setiap lelaki ataupun perempuan sama-sama menginginkan yang terbaik. Menjalani sekali pernikahan sampai akhir hayat. Hidup bahagia, dan mempunyai anak-anak yang juga anak yang cerdas, soleh dan soleha.
Ada kalanya kita akan berbicara tentang sesuatu hal yang lebih spesifik. Setiap laki-laki menginginkan perempuan yang muslimah. Lelaki mana yang tidak ingin dengan perempuan yang baik dan soleha. Perempuan yang cerdik dan berparas cantik. Terlebih tutur katanya selembut hatinya. Bisa berbuat baik kepada kedua keluarga.
Begitu juga dengan perempuan. Perempuan mana yang tidak ingin dinikahi lelaki yang baik, memiliki budi pekerti yang luhur, iman yang bagus, dan berjiwa lurus (bertanggungjawab dan bisa diandalkan).
Sungguh, bahagia jika kriteria-kriteria itu dapat dimiliki. Proses memilih pun dilakukan. Sampai-sampai lupa, jika usia sudah waktunya untuk menikah dan dinikahi. Ketika ingin menikah, sialnya lelaki dan si perempuan itu terlahir di era orang-orang yang lebih memikirkan fisik, sehingga lupa memikirkan iman. Alhasil, pernikahan pun menjadi tarik ulur. Tapi sungguh mulia, mereka yang sudah bertemu hingga bertamu dan kini menjadi juru ramu dalam rumah tangganya. Mereka adalah orang-orang yang beruntung menjaga iman dengan melangsungkan pernikahan.
Lalu, bagaimana dengan yang belum?

Beberapa artikel telah menjelaskan, usia menikah yang ideal untuk perempuan adalah 20-35 tahun dan 25-40 tahun untuk laki-laki. Akan tetapi, wanita di umur 20-an hingga 25 tahun lebih baik. Perhitungannya 20 tahun ke atas, organ reproduksi perempuan sudah siap mengandung dan melahirkan. Sedangkan pada usia 35 tahun sudah regeneratif.
Rata-rata umur pernikahan bagi perempuan dan laki-laki ada di batas usia 25 tahun. Mengapa? Biasanya ada beberapa perencanaan. Baik dari permasalahan ekonomi dan jumlah anak. Ada hitung-hitungan yang runut untuk diperhitungkan.
Berikut tabel nikah sebagai imbauan menikah ideal:
 
Net (data ideal menikah)
Semoga kita adalah orang-orang yang disegerakan. Aamiin.



Nah, sedangkan perempuan yang menikah di atas 35 tahun dan setelah itu hamil, maka harus lebih hati-hati menjaga kehamilannya. Kala hamil di usia lebih dari 35 tahun maka harus rajin-rajin memeriksakan kehamilan. Di usia itu, kehamilan kurang lebih sama rentannya dengan kehamilan perempuan dengan usia di bawah 20 tahun.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Heni Puspita
admin
7 June 2017 at 04:37 ×

Yawdah geh, kapan undangan walimahannya disebar? :D

Reply
avatar
Yoga Pratama
admin
7 June 2017 at 06:22 ×

bentar lagi mabk, tenang, calon ontewe

Reply
avatar