Menjaga Moody Saat Penerbangan Delay

Delay itu nggak asik. Rata-rata penumpang kerap mengumpat jika jadwal penerbangannya molor alias tidak sesuai waktu yang telah ditentukan. Itu juga yang kerap saya alami. Percayalah ketika dalam situasi genting justru malah semakin dipersulit dengan penerbangan yang tertunda. Semua agenda jadi terhambat.
Di Indonesia, hampir semua pesawat kerap terjadi delay. Mau dia pesawat yang bayarnya tinggi maupun yang murah kerap delay. Saya pernah mengumpat, sama dengan penumpang lainnya. Bagaimana tidak, penerbangan pada pukul 14.50 harus delay dan baru diterbangkan pada pukul 20.00 dan itu rasanya buruk sekali. Padahal saat itu saya menggunakan pesawat yang katanya jarang banget delay. Because, harga tiketnya sekali terbang bisa buat dua kali terbang Lampung – Jakarta kalau saya pakai pesawat yang rajin delay itu.
Ketika delay terjadi, petugas pastinya menyiapkan beribu alasan. Kecuali alasan kerusakan atau kelalaian dari pihaknya. Jelas, yang dikambing hitamkan adalah cuaca. Katanya cuaca ekstream, tidak mendukung untuk terbang, hujan yang lebat, badai yang menggoyang, atau bahkan sungai yang meletus atau apalah hal lainnya yang terkadang buat kita diluar penalaran. Kenapa diluar penalaran, karena jawaban satu pihak ke pihak lain akan berbeda. Contoh, ketika di Jakarta kita komplain dengan petugas yang di Jakarta, akan berbeda jawaban dengan pihak yang di bandara. Dan hal itu, saya alami sendiri belum lama ini.
Tak jadi persoalan, karena hal tersebut sudah lewat. Tapi sore ini saya terkejut. Mendapatkan informasi penerbangan ke Bandung pun mundur 35 menit dari jadwal. Entah apa persoalannya saya pun belum mengetahui. Nah, mau nggak mau, saya harus berpikir bagaimana moody tetap baik ketika sadar delay masih mengancam penerbangan di republik ini.
Dan ini tips ataupun cara dari saya untuk mengatasi moody saat pesawat delay
1.  Membawa banyak buku untuk dibaca. Dengan banyak membaca buku, yakinlah dengan asiknya buku yang dibaca akan membuat kita lupa dengan apa yang terjadi. Itu sudah pernah saya lakukan.
2.  Main game. Nah, biasanya penumpang lain, teman, bahkan saya, kalau delay juga suka menghabiskan waktu menunggu dengan main game yang ada di handphone. Sesederhana itu, yang penting casan selalu terbawa.
3.   Teleponan. Bagian ini biasanya paling banyak mengumpat penerbangan yang delay. Tapi tidak terlalu lama, jika yang ditelpon adalah kekasih, selingkuhan atau apapun yang pembicaraanya tentang cinta.
4.   Bawa cokelat. Nah, cokelat ini juga cocok untuk dijadikan moody saat penerbangan delay. Usahakan manisnya cokelat mengalihkan kekesalan saat delay.
5.  Dengerin lagu. Nah, bisa juga nih, dari pada stres ngeladenin orang ribut karena delay, mending pasang headset ditelinga dan dengerin lagu-lagu yang membuat hidup lebih asik.
6.  Mengaji. Biar situasi hati lebih sejuk, mending dekatkan diri ke Tuhan dengan mengaji. Wah, barokah deh saat delay.
Nah, itulah tips ataupun cara dari saya dalam mengatasi situasi hati atau moody saat pesawat dikabarkan delay. Selama beraktifitas.


Previous
Next Post »